Prameswari, Ika Mega (2024) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA SWASTA TAMAN SISWA PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202443004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Cover.pdf
Download (397kB)
![[thumbnail of 7202443004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202443004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Abstrak.pdf
Download (630kB)
![[thumbnail of 7202443004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202443004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202443004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Daftar_Tabel.pdf
Download (472kB)
![[thumbnail of 7202443004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Daftar_Gambar.pdf
Download (454kB)
![[thumbnail of 7202443004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (470kB)
![[thumbnail of 7202443004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_BAB_I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202443004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7202443004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202443004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7202443004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_BAB_V.pdf
Download (723kB)
![[thumbnail of 7202443004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (976kB)
![[thumbnail of 7202443004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202443004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kecerdasan
Intelektual terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh gaya belajar visual terhadap
hasil belajar siswa, 3) pengaruh kecerdasan intelektual dan gaya belajar visual
terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA
Swasta Taman Siswa Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta
Taman Siswa Pematangsiantar dengan populasi sebanyak 99 siswa dan sampel
sebanyak 99 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecerdasan
intelektual (IQ) adalah dari data hasil tes IQ dan gaya belajar visual berupa angket
dan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai siswa
kelas XI IPS SMA Swasta Taman Siswa Pematangsiantar. Teknik analisis data
adalah menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya
dengan menggunakan uji-t dan uji-F dengan menggunakan program SPSS 25.0.
Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) kecerdasan intelektual adalah
kemampuan logika, menganalisis, dan rasio seseorang. untuk bertindak secara
terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif, 2)
gaya belajar visual adalah cara siswa belajar dengan yang mereka lihat, seperti
ekspresi muka dan bahasa tubuh seorang guru, buku pelajaran bergambar, video,
dan diagram sehingga mereka dapat memahami mengenai bentuk, angka, posisi
atau lokal dan warna, 3) hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi yang di raih
siswa dari proses belajar, yang diukur dengan tes dimana hasilnya dalam bentuk
angka atau simbol yang dapat dilihat dari DKN.
Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu Y=
72.849 + 0.238 (X1) + 0.86 (X2) + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 10.133 dengan
taraf signifikan 0.000 < 0.05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh
thitung = 2.159 dengan taraf signifikan 0.033 < 0.05. Sedangkan pengujian hipotesis
secara simultan diperoleh fhitung = 54.125 dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh positif dan signifikan
antara kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa, 2) ada pengaruh positif
dan signifikan antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa, 3) ada
pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual dan gaya belajar
visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS
SMA Swasta Taman Siswa Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Intelektual, Gaya Belajar Visual, dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63864 |