Dalimunte, Harun Al Rasyid (2024) PENGARUH JARINGAN SOSIAL, DIGITAL MARKETING, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI (HIPMI UNIMED). Undergraduate thesis, UNIMED.
7203343003_Cover.pdf
Download (304kB)
7203343003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
7203343003_Abstrak.pdf
Download (609kB)
7203343003_Kata_Pengantar.pdf
Download (4MB)
7203343003_Daftar_Isi.pdf
Download (849kB)
7203343003_Daftar_Tabel.pdf
Download (553kB)
7203343003_Daftar_Gambar.pdf
Download (278kB)
7203343003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (282kB)
7203343003_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203343003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203343003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7203343003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
7203343003_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7203343003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203343003_Lampiran.pdf
Download (9MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian adalah kurangnya kompetensi kewirausahaan yang dimiliki wirausaha mahasiswa yang bergabung dalam HIPMI UNIMED. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh jaringan sosial terhadap keberhasilan usaha; (2) Pengaruh Digital Marketing terhadap keberhasilan usaha; (3) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengusaha Muda Perguruan Tinggi Universitas Negeri Medan (HIPMI UNIMED) yang berjumlah 81 orang.Teknik Sampling yang digunakan adalah Sample Random.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas angket dengan menggunakan rumus product moment pearson, dan Reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan uji t dan uji F.
Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = -2,116 + 0,363 X1 + 0,392 X2 + 0,312 X3 + Ԑ. Untuk koefisien determinasi memiliki pengaruh variabel Independent (X) yaitu variabel jaringan sosial, digital marketing, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap variabel dependen (Y) yaitu keberhasilan kewirausahaan sebesar 9,60%. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (peningkatan usaha). Variabel X1 dengan nilai (0,000 < 0,05), variabel X2 dengan nilai (0,000 < 0,05), variabel X3 berpengaruh dan signifikan dengan nilai (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa, semakin baik jaringan sosial, digital marketing, dan pengetahuan tentang kewirausahaan, maka akan semakin baik perkembangan dan keberhasilan usahanya. Sedangkan uji F, diperoleh bahwa pengaruh masing-masing variabel dapat dilihat dari tabel signifikansi. Diperoleh nilai Signifikansi yaitu 0,000.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | peningkatan usaha, jaringan sosial, digital marketing, pengetahuan kewirausahaan |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:32 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 07:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63863 |
