Hasibuan, M. Alwi Ghifari (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Aplikasi Animiz Animation Maker pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183111021_Cover.pdf
Download (302kB)
5183111021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (873kB)
5183111021_Kata_Pengantar.pdf
Download (836kB)
5183111021_Abstrak.pdf
Download (852kB)
5183111021_Daftar_Isi.pdf
Download (413kB)
5183111021_Daftar_Tabel.pdf
Download (119kB)
5183111021_Daftar_Gambar.pdf
Download (160kB)
5183111021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (437kB)
5183111021_BAB_I.pdf
Download (3MB)
5183111021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
5183111021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5183111021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5183111021_BAB_V.pdf
Download (557kB)
5183111021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (723kB)
5183111021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran video animasi berbasis Animiz Animation Maker pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung kelas XI DPIB di SMK Negeri 2 Binjai dan mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Angket yang digunakan untuk menguji validitas dilakukan oleh ahli media dan ahli materi pembelajaran. Serta untuk menguji praktikalitas dilakukan oleh guru mata pelajaran dan respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian didapat data hasil uji validitas oleh ahli media yaitu 90% dengan kategori sangat layak dan uji validitas ahli materi yaitu 92,50% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru mata pelajaran yaitu 96,36% dengan kategori sangat praktis dan hasil respon peserta didik yang diisi oleh siswa kelas XI DPIB 1 dengan jumlah 31 orang yaitu 90,49% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Animiz Animation Maker layak digunakan pada proses pembelajaran siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 2 Binjai
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan media; Video pembelajaran animasi; Aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 00:50 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 00:50 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63861 |
