Pengaruh Aktivitas Belajar dengan Model Contexual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Program Keahlian (DDPK) Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 2 Binjai

Manalu, Yeyen Nurhayaty (2024) Pengaruh Aktivitas Belajar dengan Model Contexual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Program Keahlian (DDPK) Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203111007_Cover.pdf] Text
5203111007_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 5203111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5203111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 5203111007_Abstrak.pdf] Text
5203111007_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5203111007_Daftar_Isi.pdf] Text
5203111007_Daftar_Isi.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 5203111007_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203111007_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 5203111007_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203111007_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 5203111007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5203111007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 5203111007_BAB_I.pdf] Text
5203111007_BAB_I.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of 5203111007_BAB_II.pdf] Text
5203111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[thumbnail of 5203111007_BAB_III.pdf] Text
5203111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[thumbnail of 5203111007_BAB_IV.pdf] Text
5203111007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203111007_BAB_V.pdf] Text
5203111007_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 5203111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 5203111007_Lampiran.pdf] Text
5203111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Aktivitas Belajar dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Binjai, mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian (DDPK) pada elemen Gambar Teknik Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Cluster Random, yaitu siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 2 Binjai 2024/2025, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian eksperimen yang akan digunakan adalah tes dan angket, Tes digunakan untuk mengumpulkan data yang bersifat kuantitatif (angka) berupa nilai hasil belajar siswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa, sementara angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap aktivitas belajar dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa terdapat pengaruh yang positif, dimana hasil regresi linier sederhana menunjukkan nilai Sig.0,00<0,05 Contextual Teaching and Learning (CTL) ada pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variable Y, sementara hasil R2 menunjukkan nilai 0,575 artinya variable bebas (X) memiliki pengaruh terhadap variable terikat (Y) sebesar 57% dan sisanya 43% dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar; Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar; Dasar-Dasar Program Keahlian (DDPK)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jul 2025 00:53
Last Modified: 18 Jul 2025 00:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63858

Actions (login required)

View Item
View Item