Sahara, Tria (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5201111007_Cover.pdf
Download (87kB)
5201111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (145kB)
5201111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (417kB)
5201111007_Abstrak.pdf
Download (66kB)
5201111007_Daftar_Isi.pdf
Download (66kB)
5201111007_Daftar_Tabel.pdf
Download (37kB)
5201111007_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
5201111007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
5201111007_BAB_I.pdf
Download (330kB)
5201111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (768kB)
5201111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (976kB)
5201111007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (571kB)
5201111007_BAB_V.pdf
Download (92kB)
5201111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (232kB)
5201111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar gambar teknik siswa kelas X yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Direct Instruction pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah desain Quasi-Eksperimental. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap sampel yang diinginkan oleh peneliti. Populasi penelitian adalah siswa kelas seluruh siswa kelas X DPIB sebanyak 60 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X DPIB 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X DPIB 2 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar Gambar Teknik dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkkan hasil thitung = 5,68 dan ttabel = 1,671 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 58. Oleh karena thitung = 5,68 > ttabel = 1,671 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Data hasil penelitian juga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kemampuan kognitif yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation sebesar 74,2 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction sebesar 62,06. Berdasarkan perbedaan tersebut, baik secara teoretis maupun dibuktikan dengan analisis statistik yang dilakukan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) mempunyai pengaruh yang berbeda secara signifikan dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Group Investigation; Gambar Teknik |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:06 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 01:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63855 |
