Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Sahara, Tria (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5201111007_Cover.pdf] Text
5201111007_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5201111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5201111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 5201111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
5201111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 5201111007_Abstrak.pdf] Text
5201111007_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 5201111007_Daftar_Isi.pdf] Text
5201111007_Daftar_Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 5201111007_Daftar_Tabel.pdf] Text
5201111007_Daftar_Tabel.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 5201111007_Daftar_Gambar.pdf] Text
5201111007_Daftar_Gambar.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 5201111007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5201111007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 5201111007_BAB_I.pdf] Text
5201111007_BAB_I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 5201111007_BAB_II.pdf] Text
5201111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[thumbnail of 5201111007_BAB_III.pdf] Text
5201111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[thumbnail of 5201111007_BAB_IV.pdf] Text
5201111007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[thumbnail of 5201111007_BAB_V.pdf] Text
5201111007_BAB_V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 5201111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5201111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 5201111007_Lampiran.pdf] Text
5201111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar gambar teknik siswa kelas X yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Direct Instruction pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah desain Quasi-Eksperimental. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap sampel yang diinginkan oleh peneliti. Populasi penelitian adalah siswa kelas seluruh siswa kelas X DPIB sebanyak 60 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X DPIB 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X DPIB 2 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar Gambar Teknik dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkkan hasil thitung = 5,68 dan ttabel = 1,671 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 58. Oleh karena thitung = 5,68 > ttabel = 1,671 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Data hasil penelitian juga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kemampuan kognitif yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation sebesar 74,2 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction sebesar 62,06. Berdasarkan perbedaan tersebut, baik secara teoretis maupun dibuktikan dengan analisis statistik yang dilakukan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) mempunyai pengaruh yang berbeda secara signifikan dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Group Investigation; Gambar Teknik
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:06
Last Modified: 18 Jul 2025 01:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63855

Actions (login required)

View Item
View Item