Putra, Esya Kurnia (2024) PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
7172143010_Cover.pdf
Download (474kB)
7172143010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
7172143010_Abstrak.pdf
Download (731kB)
7172143010_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7172143010_Daftar_Isi.pdf
Download (729kB)
7172143010_Daftar_Tabel.pdf
Download (461kB)
7172143010_Daftar_Gambar.pdf
Download (455kB)
7172143010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (556kB)
7172143010_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7172143010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7172143010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
7172143010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7172143010_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7172143010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7172143010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi peneliti adalah tingkat minat berwirausaha mahasiswa pendidikan bisnis stambuk 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha; (2) Pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (3) Pengaruh mata kuliah kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bisnis stambuk 2020 yang berjumlah 62 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling.
Teknik pengambilan data menggunakan angket. Uji validitas angket dengan menggunakan product moment pearson, dan reliablitasnya menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan regresi berganda, sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji f dan uji t.
Dari hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi dapat ditulis Y = a + b1X1 +b2X2 atau Y = 4.965 + 0.474 + 0.213. Artinya jika variabel mata kuliah kewirausahaan (X1) dan motivasi berwirausaha (X2) mengalami peningkatan sebanyak satu persen maka akan terjadi peningkatan terhadap variabel minat berwirausaha (Y) sebesar 0,474 dan 0.213. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari table Uji t diperoleh nilai sig variabel mata kuliah kewirausahaan (X1) sebesar 0,018 lebih kecil dari 0,05 maka variabel mata kuliah kewirausahaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat berwirausaha (Y). Sedangkan berdasarkan hasil yang diperoleh diatas diperoleh nilai sig variabel mata kuliah kewirausahaan (X1) sebesar 0,142 lebih besar dari 0,05 maka variabel motivasi berwirausaha (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel minat berwirausaha (Y).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | mata kuliah kewirausahaan, motivasi berwirausa, minat berwirausaha |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:05 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 03:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63816 |
