Sinaga, Indra Lesmana (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Dasar-Dasar Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5201111003_Cover.pdf
Download (57kB)
5201111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (349kB)
5201111003_Kata_Pengantar.pdf
Download (309kB)
5201111003_Abstrak.pdf
Download (194kB)
5201111003_Daftar_Isi.pdf
Download (190kB)
5201111003_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
5201111003_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
5201111003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (86kB)
5201111003_BAB_I.pdf
Download (444kB)
5201111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (918kB)
5201111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (561kB)
5201111003_BAB_V.pdf
Download (125kB)
5201111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (166kB)
5201111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Sampel penelitian ini adalah kelas X DPIB 2 sebagai kelas perlakuan model pembelajaran Think Pair Share berjumlah 35 siswa dan sebagai kelas perlakuan model pembelajaran Direct Instruction adalah kelas X DPIB 1 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen merupakan desain pre-test, pembelajaran dan post-test. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan dari 40 butir soal yang diujicobakan diperoleh 34 butir soal yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,918 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan uji homogenitas (uji F) diperoleh hasil f hitung = 0, 692 dan f tabel = 1,772 (f hitung < f tabel) sehingga dapat dinyatakan bahwa data kedua kelompok sampel berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil perhitungan uji hipotesis (uji t) hasil belajar, diperoleh �ℎ����� = 5,553 dan ������ = 1,667 (�ℎ����� > ������) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 69. Sehingga, �� diterima dan �0 ditolak, yang berarti bahwa hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran Direct Instruction memiliki perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS); Direct Instruction; Hasil Belajar; DDDPIB |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:59 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63810 |
