Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Dasar-Dasar Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Binjai

Sinaga, Indra Lesmana (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Dasar-Dasar Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5201111003_Cover.pdf] Text
5201111003_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 5201111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5201111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 5201111003_Kata_Pengantar.pdf] Text
5201111003_Kata_Pengantar.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 5201111003_Abstrak.pdf] Text
5201111003_Abstrak.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 5201111003_Daftar_Isi.pdf] Text
5201111003_Daftar_Isi.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 5201111003_Daftar_Tabel.pdf] Text
5201111003_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5201111003_Daftar_Gambar.pdf] Text
5201111003_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 5201111003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5201111003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5201111003_BAB_I.pdf] Text
5201111003_BAB_I.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 5201111003_BAB_II.pdf] Text
5201111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5201111003_BAB_III.pdf] Text
5201111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[thumbnail of 5201111003_BAB_IV.pdf] Text
5201111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[thumbnail of 5201111003_BAB_V.pdf] Text
5201111003_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 5201111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5201111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 5201111003_Lampiran.pdf] Text
5201111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Sampel penelitian ini adalah kelas X DPIB 2 sebagai kelas perlakuan model pembelajaran Think Pair Share berjumlah 35 siswa dan sebagai kelas perlakuan model pembelajaran Direct Instruction adalah kelas X DPIB 1 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen merupakan desain pre-test, pembelajaran dan post-test. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan dari 40 butir soal yang diujicobakan diperoleh 34 butir soal yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,918 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan uji homogenitas (uji F) diperoleh hasil f hitung = 0, 692 dan f tabel = 1,772 (f hitung < f tabel) sehingga dapat dinyatakan bahwa data kedua kelompok sampel berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil perhitungan uji hipotesis (uji t) hasil belajar, diperoleh �ℎ����� = 5,553 dan ������ = 1,667 (�ℎ����� > ������) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 69. Sehingga, �� diterima dan �0 ditolak, yang berarti bahwa hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran Direct Instruction memiliki perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS); Direct Instruction; Hasil Belajar; DDDPIB
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:59
Last Modified: 17 Jul 2025 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63810

Actions (login required)

View Item
View Item