Sinulingga, Dionesya Yupika (2024) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203143002_Cover.pdf
Download (333kB)
7203143002_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (1MB)
7203143002_Abstrak.pdf
Download (577kB)
7203143002_Kata_Pengantar.PDF
Download (3MB)
7203143002_Daftar_Isi.pdf
Download (655kB)
7203143002_Daftar_Tabel.pdf
Download (309kB)
7203143002_Daftar_Gambar.pdf
Download (299kB)
7203143002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (311kB)
7203143002_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203143002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203143002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203143002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7203143002_BAB_V.pdf
Download (583kB)
7203143002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203143002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Medan masih tergolong rendah. Ditemukan bahwa banyaknya siswa yang masih belum mampu mengungkapkan fakta yang dibutuhkan, melakukan interpretasi dalam menyelesaikan masalah serta menarik kesimpulan berdasarkan data yang ada pada pembelajaran Komunikasi Bisnis. Tujuan penelitian ini yaituuntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan keaktifan belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini termasuk penelitian dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. pada uji hipotesis secara parsial (uji t) variabel model pembelajaran problem based learning (X1) memperoleh nilai yang menunjukkan bahwa thitung sebesar -3,168 dan koefisien (b1) sebesar 0,930. Dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 0,05 dan dan nilai thitung 8,433 ttabel 1,66864. Berdasarkan hasil analisa dan pengolahan data pada penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan mengenai pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dan keaktifan belajar terhadap kemampuan berpikir kritis di SMK Negeri 1 Medan yaitu model pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keaktifan Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:45 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63797 |
