PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN

Sinulingga, Dionesya Yupika (2024) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203143002_Cover.pdf] Text
7203143002_Cover.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 7203143002_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
7203143002_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (1MB)
[thumbnail of 7203143002_Abstrak.pdf] Text
7203143002_Abstrak.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 7203143002_Kata_Pengantar.PDF] Text
7203143002_Kata_Pengantar.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 7203143002_Daftar_Isi.pdf] Text
7203143002_Daftar_Isi.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of 7203143002_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203143002_Daftar_Tabel.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 7203143002_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203143002_Daftar_Gambar.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 7203143002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203143002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 7203143002_BAB_I.pdf] Text
7203143002_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203143002_BAB_II.pdf] Text
7203143002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203143002_BAB_III.pdf] Text
7203143002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203143002_BAB_IV.pdf] Text
7203143002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7203143002_BAB_V.pdf] Text
7203143002_BAB_V.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of 7203143002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203143002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203143002_Lampiran.pdf] Text
7203143002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Medan masih tergolong rendah. Ditemukan bahwa banyaknya siswa yang masih belum mampu mengungkapkan fakta yang dibutuhkan, melakukan interpretasi dalam menyelesaikan masalah serta menarik kesimpulan berdasarkan data yang ada pada pembelajaran Komunikasi Bisnis. Tujuan penelitian ini yaituuntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan keaktifan belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini termasuk penelitian dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. pada uji hipotesis secara parsial (uji t) variabel model pembelajaran problem based learning (X1) memperoleh nilai yang menunjukkan bahwa thitung sebesar -3,168 dan koefisien (b1) sebesar 0,930. Dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 0,05 dan dan nilai thitung 8,433 ttabel 1,66864. Berdasarkan hasil analisa dan pengolahan data pada penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan mengenai pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dan keaktifan belajar terhadap kemampuan berpikir kritis di SMK Negeri 1 Medan yaitu model pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keaktifan Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:45
Last Modified: 17 Jul 2025 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63797

Actions (login required)

View Item
View Item