Silaban, Patri Janson (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Calon Guru Sekolah Dasar. Doctoral thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8196184001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Cover.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 8196184001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (683kB)
![[thumbnail of 8196184001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Abstrak.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 8196184001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Kata_Pengantar.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 8196184001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Daftar_Isi.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of 8196184001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Daftar_Tabel.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 8196184001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Daftar_Gambar.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 8196184001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 8196184001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8196184001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 8196184001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8196184001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 8196184001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_BAB_V.pdf
Download (423kB)
![[thumbnail of 8196184001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8196184001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196184001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan dalam penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Calon Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research). Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Budaya Batak Toba dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni: sintaks model, system social, prinsip reaksi pengelolaan, system pendukung, dampak instruksional, dan dampang pengiring serta instrumen instrumen yang diperlukan. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Budaya Batak Toba yang dilakukan mengikuti tahapan pengembangan yang dikemukakan Plomp dengan memperhatikan tiga aspek produk dari Nieveen. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan soal HOTS yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Penelitian ini menghasilkan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Budaya Batak Toba yang memenuhi kriteria Valid, baik secara isi dan konstruk, praktis dan efektif, tingkat partisipasi aktif dan respon calon guru berada pada level tinggi. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan HOTS calon guru sekolah dasar. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya dapat menerapkan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Budaya Batak Toba pada matakuliah lainnya untuk meninjau dampak kemampuan HOTS calon guru sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sil p |
Keywords: | Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Budaya Batak Toba, Tingkat Kevalidan, Tingkat Kepraktisan, Tingkat Keefektifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63773 |