Ramadania, Wulan (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI SMKN 1 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
7202442006_Cover.pdf
Download (310kB)
7202442006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (952kB)
7202442006_Abstrak.pdf
Download (680kB)
7202442006_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7202442006_Daftar_Isi.pdf
Download (601kB)
7202442006_Daftar_Tabel.pdf
Download (298kB)
7202442006_Daftar_Gambar.pdf
Download (296kB)
7202442006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (298kB)
7202442006_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7202442006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7202442006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7202442006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7202442006_BAB_V.pdf
Download (623kB)
7202442006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (967kB)
7202442006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan
hasil belajar peserta didik kelas X AKL SMKN 1 Binjai melalui penerapan model
Problem Based Learning dan Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1
Binjai. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kellas X AKL yang berjumlah 35
orang peserta didik. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based
Learning dan Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan dalam dua sikuualitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas
belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data
kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas peserta didik pada siklus I terdapat 15
(42,9%) yang masuk kedalam kategori aktif. Pada siklus II peserta didik yang
termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 29 orang peserta didik
(82,9%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data
diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre-test 58,8 dengan jumlah
peserta didik yang tuntas sebnyak 14 orang peserta didik (40%), dan post-test I
dengan nilai rata-rata 74,8 dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 26
orang peserta didik (74,2%) dan meningkat pada post-test II dengan nilai rata-rata
93,9 dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah sebanyak 35 orang peserta didik
(100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Berdasarkan analisis
tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pembelajaran
Problem Based Learning dan Think Pair Share dapat untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajara peserta didik kelas X AKL SMKN 1 Binjai
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Think Pair Share |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:38 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 04:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63756 |
