PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI SMKN 1 BINJAI

Ramadania, Wulan (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI SMKN 1 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202442006_Cover.pdf] Text
7202442006_Cover.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 7202442006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202442006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of 7202442006_Abstrak.pdf] Text
7202442006_Abstrak.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 7202442006_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202442006_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202442006_Daftar_Isi.pdf] Text
7202442006_Daftar_Isi.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 7202442006_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202442006_Daftar_Tabel.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 7202442006_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202442006_Daftar_Gambar.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 7202442006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202442006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 7202442006_BAB_I.pdf] Text
7202442006_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202442006_BAB_II.pdf] Text
7202442006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7202442006_BAB_III.pdf] Text
7202442006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7202442006_BAB_IV.pdf] Text
7202442006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7202442006_BAB_V.pdf] Text
7202442006_BAB_V.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 7202442006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202442006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (967kB)
[thumbnail of 7202442006_Lampiran.pdf] Text
7202442006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan
hasil belajar peserta didik kelas X AKL SMKN 1 Binjai melalui penerapan model
Problem Based Learning dan Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1
Binjai. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kellas X AKL yang berjumlah 35
orang peserta didik. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based
Learning dan Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan dalam dua sikuualitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas
belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data
kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas peserta didik pada siklus I terdapat 15
(42,9%) yang masuk kedalam kategori aktif. Pada siklus II peserta didik yang
termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 29 orang peserta didik
(82,9%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data
diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre-test 58,8 dengan jumlah
peserta didik yang tuntas sebnyak 14 orang peserta didik (40%), dan post-test I
dengan nilai rata-rata 74,8 dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 26
orang peserta didik (74,2%) dan meningkat pada post-test II dengan nilai rata-rata
93,9 dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah sebanyak 35 orang peserta didik
(100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Berdasarkan analisis
tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pembelajaran
Problem Based Learning dan Think Pair Share dapat untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajara peserta didik kelas X AKL SMKN 1 Binjai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:38
Last Modified: 16 Jul 2025 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63756

Actions (login required)

View Item
View Item