Sihombing, Agnes Endwitri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE BERBANTUAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203111004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Cover.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 2203111004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Abstrak.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 2203111004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 2203111004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Daftar_Isi.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 2203111004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 2203111004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Daftar_Gambar.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 2203111004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 2203111004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_BAB_I.pdf
Download (461kB)
![[thumbnail of 2203111004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (951kB)
![[thumbnail of 2203111004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_BAB_V.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of 2203111004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of 2203111004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Untuk menganalisis kemampuan siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantuan media infografis; (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran example nonexample berbantuan media infografis terhadap kemampuan menulis teks persuasi
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan yang berjumlah 119 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 orang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah two group post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk penugasan yang berupa post-test menulis sebuah teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 56,67 dan masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah. 2) Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantuan media infografis tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 83,67 dan banyak siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Dengan demikian, dapat dikatakan temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran example non-example berbantuan media infografis lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi. Berdasarkan uji t diperoleh pada nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=31, diperoleh ttabel = 2,04 dan thitung = 8,996. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu 8,996>2,04, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran example non-example berbantuan media infografis terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei
Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Example Non-Example; Media Infografis; Menulis; Teks Persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:38 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63753 |