PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE BERBANTUAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN

Sihombing, Agnes Endwitri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE BERBANTUAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111004_Cover.pdf] Text
2203111004_Cover.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2203111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111004_Abstrak.pdf] Text
2203111004_Abstrak.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 2203111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 2203111004_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111004_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2203111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 2203111004_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203111004_Daftar_Gambar.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 2203111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 2203111004_BAB_I.pdf] Text
2203111004_BAB_I.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 2203111004_BAB_II.pdf] Text
2203111004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[thumbnail of 2203111004_BAB_III.pdf] Text
2203111004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111004_BAB_IV.pdf] Text
2203111004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111004_BAB_V.pdf] Text
2203111004_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 2203111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 2203111004_Lampiran.pdf] Text
2203111004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Untuk menganalisis kemampuan siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantuan media infografis; (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran example nonexample berbantuan media infografis terhadap kemampuan menulis teks persuasi
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan yang berjumlah 119 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 orang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah two group post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk penugasan yang berupa post-test menulis sebuah teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 56,67 dan masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah. 2) Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantuan media infografis tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 83,67 dan banyak siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Dengan demikian, dapat dikatakan temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran example non-example berbantuan media infografis lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi. Berdasarkan uji t diperoleh pada nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=31, diperoleh ttabel = 2,04 dan thitung = 8,996. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu 8,996>2,04, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran example non-example berbantuan media infografis terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei
Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Example Non-Example; Media Infografis; Menulis; Teks Persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:38
Last Modified: 16 Jul 2025 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63753

Actions (login required)

View Item
View Item