PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 MEDAN

Nabila, Adinda (2024) PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311024_Cover.pdf] Text
2203311024_Cover.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 2203311024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of 2203311024_Abstrak.pdf] Text
2203311024_Abstrak.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 2203311024_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311024_Kata_Pengantar.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 2203311024_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311024_Daftar_Isi.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2203311024_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311024_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 2203311024_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203311024_Daftar_Gambar.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 2203311024_BAB_I.pdf] Text
2203311024_BAB_I.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 2203311024_BAB_II.pdf] Text
2203311024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[thumbnail of 2203311024_BAB_III.pdf] Text
2203311024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[thumbnail of 2203311024_BAB_IV.pdf] Text
2203311024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[thumbnail of 2203311024_BAB_V.pdf] Text
2203311024_BAB_V.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 2203311024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 2203311024_Lampiran.pdf] Text
2203311024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa kurang mampu dalam mendeskripsikan objek yang sudah diamati sebelumnya, pembelajaran menulis teks deskripsi dianggap membosankan bagi siswa, serta model yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi kurang bervariasi. Maka dari itu dibutuhkan model pembelajaran yang efektif yaitu Circuit Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Circuit Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs. Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu 384 siswa yang tersebar pada 12 kelas. Sampel yang diambil yaitu kelas VII-J dan kelas VII-L
sebanyak 63 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Dari pengolahan data diperoleh hasil posttest tanpa model dengan nilai rata-rata= 46,93 ; standar deviasi= 17,59 ; standar error= 3,15 dan tergolong kategori kurang. Sedangkan hasil posttest dengan model diperoleh nilai rata-rata= 88,12; standar deviasi= 6,56 ; standar
error= 1,17 ; dan tergolong kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis uji normalitas nilai posttest tanpa model dan posttest dengan model, diperoleh bahwa
data yang digunakan berdistribusi normal. Selanjutnya pada pengujian hipotesis uji homogenitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan berasal dari varian yang homogen. Pada pengujian hipotesis uji T diperoleh nilai thitung sebesar 12,29; dan ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan dk= 61 yaitu 1,670. Hal itu berarti nilai thitung (12,29) > ttabel (1,670), dan hipotesis penelitian atau Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Circuit Learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs
Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh; Circuit Learning; Teks Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:17
Last Modified: 16 Jul 2025 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63742

Actions (login required)

View Item
View Item