Nabila, Adinda (2024) PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203311024_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Cover.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of 2203311024_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (908kB)
![[thumbnail of 2203311024_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Abstrak.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 2203311024_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Kata_Pengantar.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 2203311024_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Daftar_Isi.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 2203311024_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Daftar_Tabel.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 2203311024_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Daftar_Gambar.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of 2203311024_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_BAB_I.pdf
Download (334kB)
![[thumbnail of 2203311024_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (527kB)
![[thumbnail of 2203311024_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (512kB)
![[thumbnail of 2203311024_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (866kB)
![[thumbnail of 2203311024_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_BAB_V.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 2203311024_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 2203311024_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203311024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa kurang mampu dalam mendeskripsikan objek yang sudah diamati sebelumnya, pembelajaran menulis teks deskripsi dianggap membosankan bagi siswa, serta model yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi kurang bervariasi. Maka dari itu dibutuhkan model pembelajaran yang efektif yaitu Circuit Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Circuit Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs. Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu 384 siswa yang tersebar pada 12 kelas. Sampel yang diambil yaitu kelas VII-J dan kelas VII-L
sebanyak 63 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Dari pengolahan data diperoleh hasil posttest tanpa model dengan nilai rata-rata= 46,93 ; standar deviasi= 17,59 ; standar error= 3,15 dan tergolong kategori kurang. Sedangkan hasil posttest dengan model diperoleh nilai rata-rata= 88,12; standar deviasi= 6,56 ; standar
error= 1,17 ; dan tergolong kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis uji normalitas nilai posttest tanpa model dan posttest dengan model, diperoleh bahwa
data yang digunakan berdistribusi normal. Selanjutnya pada pengujian hipotesis uji homogenitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan berasal dari varian yang homogen. Pada pengujian hipotesis uji T diperoleh nilai thitung sebesar 12,29; dan ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan dk= 61 yaitu 1,670. Hal itu berarti nilai thitung (12,29) > ttabel (1,670), dan hipotesis penelitian atau Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Circuit Learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs
Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh; Circuit Learning; Teks Deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:17 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63742 |