Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Medan

-, Riandi (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193122013_Cover.pdf] Text
5193122013_Cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 5193122013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193122013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 5193122013_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193122013_Kata_Pengantar.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 5193122013_Abstrak.pdf] Text
5193122013_Abstrak.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 5193122013_Daftar_Isi.pdf] Text
5193122013_Daftar_Isi.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 5193122013_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193122013_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5193122013_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193122013_Daftar_Gambar.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 5193122013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193122013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 5193122013_BAB_I.pdf] Text
5193122013_BAB_I.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 5193122013_BAB_II.pdf] Text
5193122013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[thumbnail of 5193122013_BAB_III.pdf] Text
5193122013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[thumbnail of 5193122013_BAB_IV.pdf] Text
5193122013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[thumbnail of 5193122013_BAB_V.pdf] Text
5193122013_BAB_V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5193122013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193122013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 5193122013_Lampiran.pdf] Text
5193122013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menjelaskan hasil belajar alat ukur siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Medan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 2)Untuk menjelaskan hasil belajar alat ukur siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Medan yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, 3)Untuk menjelaskan apakah model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar alat ukur siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan di Jl.STM No,12A, Sitirejo II, Kec.Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TBSM yang berjumlah 60 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TKR2 2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas X TKR 4 berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah systematic random sampling. Hasil belajar siswa pada kelas X TKR 2 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 31,3 dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh rata-rata pos-tes 87,16 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas X TKR 4 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 25,08 dan setelah diberikan model pembelajaran ekspositori diperoleh rata-rata pos-tes 76,16. Hasil perhitungan uji t pos-tes diperoleh nilai �ℎ����� sebesar 4,53 dan ������ sebesar 1,20 pada taraf ∝ =0.05 sehingga diperoleh (1,45 > 1,20), sehingga �0 ditolak dan �� diterima, ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Pembelajaran Ekspositori, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, dan Alat Ukur
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:50
Last Modified: 16 Jul 2025 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63736

Actions (login required)

View Item
View Item