-, Riandi (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193122013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Cover.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 5193122013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 5193122013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Kata_Pengantar.pdf
Download (520kB)
![[thumbnail of 5193122013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Abstrak.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 5193122013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Daftar_Isi.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 5193122013_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Daftar_Tabel.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 5193122013_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Daftar_Gambar.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 5193122013_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 5193122013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_BAB_I.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 5193122013_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (694kB)
![[thumbnail of 5193122013_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (565kB)
![[thumbnail of 5193122013_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (578kB)
![[thumbnail of 5193122013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_BAB_V.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 5193122013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of 5193122013_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193122013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menjelaskan hasil belajar alat ukur siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Medan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 2)Untuk menjelaskan hasil belajar alat ukur siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Medan yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, 3)Untuk menjelaskan apakah model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar alat ukur siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan di Jl.STM No,12A, Sitirejo II, Kec.Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TBSM yang berjumlah 60 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TKR2 2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas X TKR 4 berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah systematic random sampling. Hasil belajar siswa pada kelas X TKR 2 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 31,3 dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh rata-rata pos-tes 87,16 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas X TKR 4 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 25,08 dan setelah diberikan model pembelajaran ekspositori diperoleh rata-rata pos-tes 76,16. Hasil perhitungan uji t pos-tes diperoleh nilai �ℎ����� sebesar 4,53 dan ������ sebesar 1,20 pada taraf ∝ =0.05 sehingga diperoleh (1,45 > 1,20), sehingga �0 ditolak dan �� diterima, ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Pembelajaran Ekspositori, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, dan Alat Ukur |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:50 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63736 |