Angkat, Abrar Hadi (2024) Hubungan Nilai Mata Kuliah Micro Teaching Dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNIMED Stambuk 2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5203111002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Cover.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 5203111002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (556kB)
![[thumbnail of 5203111002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 5203111002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Abstrak.pdf
Download (480kB)
![[thumbnail of 5203111002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 5203111002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 5203111002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 5203111002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 5203111002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_BAB_I.pdf
Download (695kB)
![[thumbnail of 5203111002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203111002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
![[thumbnail of 5203111002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203111002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_BAB_V.pdf
Download (470kB)
![[thumbnail of 5203111002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (430kB)
![[thumbnail of 5203111002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara nilai mata kuliah Micro Teaching dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (UNIMED) Stambuk 2020. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, penelitian ini melibatkan 59 mahasiswa yang dipilih secara total sampling. Data diperoleh melalui dokumen nilai akademik dan angket kesiapan menjadi guru, yang kemudian dianalisis menggunakan korelasi product moment dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Micro Teaching dan PLP memiliki hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru, dengan koefisien determinasi sebesar 88,6%. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y=−0,105 + 0,556X₁ + 0,476X₂, yang menunjukkan kontribusi signifikan dari kedua variabel terhadap kesiapan menjadi guru. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kurikulum dan pelaksanaan program Micro Teaching serta PLP untuk meningkatkan kualitas dan kesiapan calon guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mata Kuliah Micro Teaching; Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP); Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63735 |