Nababan, Pormasi A. (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemimdah Tenaga Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Undergraduate thesis, UNIMED.
5171122007_Cover.pdf
Download (96kB)
5171122007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (672kB)
5171122007_Kata_Pengantar.pdf
Download (615kB)
5171122007_Abstrak.pdf
Download (106kB)
5171122007_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
5171122007_Daftar_Tabel.pdf
Download (78kB)
5171122007_Daftar_Gambar.pdf
Download (80kB)
5171122007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (76kB)
5171122007_BAB_I.pdf
Download (449kB)
5171122007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5171122007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (639kB)
5171122007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5171122007_BAB_V.pdf
Download (196kB)
5171122007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (169kB)
5171122007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kemajuan teknologi yang pesat telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Media pembelajaran e-learning merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang terbukti memudahkan proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Namun, di SMK Swasta PAB 12 Saentis, pembelajaran mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan masih menghadapi tantangan akibat dominasi metode konvensional yang minim penggunaan media pembelajaran interaktif. Untuk mengatasi masalah ini, pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8.0 menjadi langkah penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mendorong keterlibatan aktif siswa, serta meningkatkan minat mereka terhadap mata pelajaran yang diajarkan.
Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan konten pembelajaran, dan implementasi media di kelas. Setelah tahap implementasi, evaluasi kelayakan media dilakukan melalui penilaian oleh ahli materi dan ahli media, serta uji coba yang melibatkan siswa di skala kecil dan besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Macromedia Flash 8 dinilai sangat layak digunakan oleh siswa, dengan skor rata-rata penilaian yang mengindikasikan kriteria "sangat layak". Dengan demikian, media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mendukung pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengembangan media, macromedia flash, pemeliharaan sasis, pemindah tenaga |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:19 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 03:19 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63726 |
