PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 2 MEDAN

Br Tarigan, Viola Kristin (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203342007_Cover.pdf] Text
7203342007_Cover.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 7203342007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203342007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342007_Abstrak.pdf] Text
7203342007_Abstrak.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 7203342007_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203342007_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342007_Daftar_Isi.pdf] Text
7203342007_Daftar_Isi.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of 7203342007_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203342007_Daftar_Tabel.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 7203342007_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203342007_Daftar_Gambar.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 7203342007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203342007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 7203342007_BAB_I.pdf] Text
7203342007_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203342007_BAB_II.pdf] Text
7203342007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7203342007_BAB_III.pdf] Text
7203342007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203342007_BAB_IV.pdf] Text
7203342007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7203342007_BAB_V.pdf] Text
7203342007_BAB_V.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of 7203342007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203342007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342007_Lampiran.pdf] Text
7203342007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa masih ada yang tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 59 siswa dan sampel sebanyak 59 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 14 pernyataan. Kuesioner ini diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan bantuan SPSS Versi 22.
Dari hasil analisis data semua diuji asumsi klasik terpenuhi. Dari hasil regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 7,734 + 0,284 X1 + 0,200 X2 + e. Berdasarkan hasil uji parsial untuk variabel penggunaan teknologi informasi memperoleh nilai �ℎ����� > ������ (2,131 > 2,003) dan nilai signifikan kurang dari taraf 0,05 (0,037 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar. Untuk variabel motivasi belajar memperoleh nilai �ℎ����� > ������ (2,439 > 2,003) dan nilai signifikan kurang dari taraf 0,05 (0,018 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji simultan, penggunaan teknologi informasi dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai �ℎ����� > ������ (6,445 > 3,16) dan nilai signifikan (0,003 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) variabel penggunaan teknologi informasi dan motivasi belajar memberi kontribusi sebesar 15,8% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan. Sedangkan sisanya 84,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak duji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penggunaan Teknologi Informasi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:22
Last Modified: 16 Jul 2025 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63719

Actions (login required)

View Item
View Item