Br Tarigan, Viola Kristin (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203342007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Cover.pdf
Download (392kB)
![[thumbnail of 7203342007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Abstrak.pdf
Download (702kB)
![[thumbnail of 7203342007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Daftar_Isi.pdf
Download (968kB)
![[thumbnail of 7203342007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Daftar_Tabel.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of 7203342007_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Daftar_Gambar.pdf
Download (365kB)
![[thumbnail of 7203342007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of 7203342007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203342007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![[thumbnail of 7203342007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203342007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203342007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_BAB_V.pdf
Download (985kB)
![[thumbnail of 7203342007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa masih ada yang tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 59 siswa dan sampel sebanyak 59 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 14 pernyataan. Kuesioner ini diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan bantuan SPSS Versi 22.
Dari hasil analisis data semua diuji asumsi klasik terpenuhi. Dari hasil regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 7,734 + 0,284 X1 + 0,200 X2 + e. Berdasarkan hasil uji parsial untuk variabel penggunaan teknologi informasi memperoleh nilai �ℎ����� > ������ (2,131 > 2,003) dan nilai signifikan kurang dari taraf 0,05 (0,037 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar. Untuk variabel motivasi belajar memperoleh nilai �ℎ����� > ������ (2,439 > 2,003) dan nilai signifikan kurang dari taraf 0,05 (0,018 < 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji simultan, penggunaan teknologi informasi dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai �ℎ����� > ������ (6,445 > 3,16) dan nilai signifikan (0,003 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) variabel penggunaan teknologi informasi dan motivasi belajar memberi kontribusi sebesar 15,8% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan. Sedangkan sisanya 84,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak duji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Teknologi Informasi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:22 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63719 |