PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 1 MEDAN

Miranda, Tengku (2024) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202142002_Cover.pdf] Text
7202142002_Cover.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 7202142002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202142002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of 7202142002_Abstrak.pdf] Text
7202142002_Abstrak.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of 7202142002_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202142002_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142002_Daftar_Isi.pdf] Text
7202142002_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142002_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202142002_Daftar_Tabel.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 7202142002_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202142002_Daftar_Gambar.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 7202142002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202142002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 7202142002_BAB_I.pdf] Text
7202142002_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7202142002_BAB_II.pdf] Text
7202142002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7202142002_BAB_III.pdf] Text
7202142002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7202142002_BAB_IV.pdf] Text
7202142002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7202142002_BAB_V.pdf] Text
7202142002_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202142002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202142002_Lampiran.pdf] Text
7202142002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar yang kurang baik pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa Akuntansi Kelas X SMK Negeri 1 Medan pada materi persamaan dasar akuntansi tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling menurut teori slovin. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 104 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS 4.0. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan p-value dengan uji signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan nilai R-Square.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan composite reliability indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Berdasarkan pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai p- value diperoleh sebesar 0,009 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai p- value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Selanjutnya untuk hipotesis efikasi diri dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh nilai R-Square sebesar 0.598 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Partial Least Square (PLS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:48
Last Modified: 16 Jul 2025 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63715

Actions (login required)

View Item
View Item