Nafisah, Sevia (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE ( INTRODUCTION, CONNECT, APPLY, REFLECT AND EXTEND) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203142007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Cover.pdf
Download (304kB)
![[thumbnail of 7203142007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Abstrak.pdf
Download (651kB)
![[thumbnail of 7203142007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Daftar_Isi.pdf
Download (606kB)
![[thumbnail of 7203142007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Daftar_Tabel.pdf
Download (299kB)
![[thumbnail of 7203142007_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Daftar_Gambar.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of 7203142007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of 7203142007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203142007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203142007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203142007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
![[thumbnail of 7203142007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_BAB_V.pdf
Download (572kB)
![[thumbnail of 7203142007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL SMK Negeri 1 Medan melalui penerapan model pembelajaran ICARE.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran ICARE. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 21 siswa (58,33%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 33 siswa (91,67%) dan telah memenuhi indikator kebershasilan ≥85%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre-test 63,06% dengan siswa tuntas sebanyak 12 siswa (33,3%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata 70,83% dengan siswa tuntas sebanyak 20 siswa (55,6%) dan meningkat pada hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 90,70% dengan siswa tuntas sebanyak 33 siswa (91,7%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, and Extend) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMKN 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, and Extend) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63700 |