PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKL DI SMKS HKBP SIDIKALANG

Manurung, Selina (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKL DI SMKS HKBP SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203342011_Cover.pdf] Text
7203342011_Cover.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 7203342011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203342011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342011_Abstrak.pdf] Text
7203342011_Abstrak.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of 7203342011_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203342011_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342011_Daftar_Isi.pdf] Text
7203342011_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342011_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203342011_Daftar_Tabel.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 7203342011_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203342011_Daftar_Gambar.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 7203342011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203342011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 7203342011_BAB_I.pdf] Text
7203342011_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203342011_BAB_II.pdf] Text
7203342011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203342011_BAB_III.pdf] Text
7203342011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7203342011_BAB_IV.pdf] Text
7203342011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7203342011_BAB_V.pdf] Text
7203342011_BAB_V.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of 7203342011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203342011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342011_Lampiran.pdf] Text
7203342011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya prestasi belajar siswa kelas X AKL di SMKS HKBP Sidikalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X AKL SMKS HKBP Sidikalang; (2) pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X AKL SMKS HKBP Sidikalang; (3) pengaruh kemandirian belajar dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X AKL SMKS HKBP Sidikalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL berjumlah 59 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan menyebarkan angket.
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda menggunakan SPSS, dengan hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai Y = 52,710 + 0,863 X1 + 1,036 X2.
Pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Efikasi diri juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya kemandirian belajar dan efikasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh kedua variabel yaitu sebesar 65,8% dan sisanya sebesar 34,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan: (1) kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa X AKL SMKS HKBP Sidikalang; (2) efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar X AKL SMKS HKBP Sidikalang; (3) kemandirian belajar dan efikasi diri berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa X AKL SMKS HKBP Sidikalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar, Efikasi Diri, Dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:59
Last Modified: 15 Jul 2025 08:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63699

Actions (login required)

View Item
View Item