Manurung, Selina (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKL DI SMKS HKBP SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203342011_Cover.pdf
Download (300kB)
7203342011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203342011_Abstrak.pdf
Download (733kB)
7203342011_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203342011_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7203342011_Daftar_Tabel.pdf
Download (458kB)
7203342011_Daftar_Gambar.pdf
Download (457kB)
7203342011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (458kB)
7203342011_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7203342011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203342011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7203342011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7203342011_BAB_V.pdf
Download (735kB)
7203342011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203342011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya prestasi belajar siswa kelas X AKL di SMKS HKBP Sidikalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X AKL SMKS HKBP Sidikalang; (2) pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X AKL SMKS HKBP Sidikalang; (3) pengaruh kemandirian belajar dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X AKL SMKS HKBP Sidikalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL berjumlah 59 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan menyebarkan angket.
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda menggunakan SPSS, dengan hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai Y = 52,710 + 0,863 X1 + 1,036 X2.
Pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Efikasi diri juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya kemandirian belajar dan efikasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh kedua variabel yaitu sebesar 65,8% dan sisanya sebesar 34,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan: (1) kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa X AKL SMKS HKBP Sidikalang; (2) efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar X AKL SMKS HKBP Sidikalang; (3) kemandirian belajar dan efikasi diri berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa X AKL SMKS HKBP Sidikalang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemandirian Belajar, Efikasi Diri, Dan Prestasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:59 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 08:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63699 |
