Indri, Sartika Siska (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7183142042_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Cover.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of 7183142042_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7183142042_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Abstrak.pdf
Download (557kB)
![[thumbnail of 7183142042_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7183142042_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Daftar_Isi.pdf
Download (828kB)
![[thumbnail of 7183142042_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Daftar_Tabel.pdf
Download (343kB)
![[thumbnail of 7183142042_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 7183142042_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7183142042_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7183142042_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 7183142042_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7183142042_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_BAB_V.pdf
Download (618kB)
![[thumbnail of 7183142042_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (826kB)
![[thumbnail of 7183142042_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183142042_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X AKL SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKL SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 206 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (pretest dan posttest). Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku pegangan guru. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Bedasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 44.5 dengan standar deviasi = 8.024, dan nilai rata-rata posttest siswa = 86.16 dengan standar deviasi = 9.067. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest = 43.33 dengan standar deviasi = 11.396, dan nilai rata-rata posttest = 74.33 dengan standar deviasi = 8.976. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh t-hitung = 5,080 dan t-tabel = 2,002. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan yaitu t-hitung > t-tabel yaitu 5,080 > 2,002. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika t-hitung > t-tabel maka hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi persamaan dasar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X AKL SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi, Persamaan Dasar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63697 |