Ritonga, Sarah Darmawanti (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203142013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Cover.pdf
Download (551kB)
![[thumbnail of 7203142013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Abstrak.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142013_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Daftar_Tabel.pdf
Download (628kB)
![[thumbnail of 7203142013_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Daftar_Gambar.pdf
Download (626kB)
![[thumbnail of 7203142013_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (700kB)
![[thumbnail of 7203142013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203142013_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203142013_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203142013_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203142013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_BAB_V.pdf
Download (985kB)
![[thumbnail of 7203142013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142013_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I terdapat 11 siswa (30,5%) yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 30 siswa (83,3%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre- test 53,61 dengan siswa yang tuntas 13 siswa (36,1%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata 70,27 dengan siswa yang tuntas 24 siswa (66,7%) dan meningkat di hasil post-test II dengan nilai rata-rata 84,25 dengan siswa yang tuntas 32 siswa (88,9%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Jurnal Khusus di Kelas X AKL 1 SMK Negeri 7 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Think Talk Write |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:38 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63694 |