PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN

Ritonga, Sarah Darmawanti (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142013_Cover.pdf] Text
7203142013_Cover.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 7203142013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142013_Abstrak.pdf] Text
7203142013_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142013_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203142013_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142013_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142013_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142013_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142013_Daftar_Tabel.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 7203142013_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142013_Daftar_Gambar.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 7203142013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of 7203142013_BAB_I.pdf] Text
7203142013_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203142013_BAB_II.pdf] Text
7203142013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203142013_BAB_III.pdf] Text
7203142013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203142013_BAB_IV.pdf] Text
7203142013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7203142013_BAB_V.pdf] Text
7203142013_BAB_V.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of 7203142013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142013_Lampiran.pdf] Text
7203142013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I terdapat 11 siswa (30,5%) yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 30 siswa (83,3%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre- test 53,61 dengan siswa yang tuntas 13 siswa (36,1%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata 70,27 dengan siswa yang tuntas 24 siswa (66,7%) dan meningkat di hasil post-test II dengan nilai rata-rata 84,25 dengan siswa yang tuntas 32 siswa (88,9%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Jurnal Khusus di Kelas X AKL 1 SMK Negeri 7 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:38
Last Modified: 15 Jul 2025 08:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63694

Actions (login required)

View Item
View Item