PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN

Asmarani, Nia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351008_Cover.pdf] Text
4203351008_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4203351008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (942kB)
[thumbnail of 4203351008_Abstrak.pdf] Text
4203351008_Abstrak.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4203351008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351008_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203351008_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351008_Daftar_Isi.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4203351008_BAB_I.pdf] Text
4203351008_BAB_I.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4203351008_BAB_II.pdf] Text
4203351008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[thumbnail of 4203351008_BAB_III.pdf] Text
4203351008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of 4203351008_BAB_IV.pdf] Text
4203351008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[thumbnail of 4203351008_BAB_V.pdf] Text
4203351008_BAB_V.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4203351008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203351008_Lampiran.pdf] Text
4203351008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi bumi dan tata surya. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain two group pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik class random sampling. Kelas VII-4 (Kelas Eksperimen) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan kelas VII-2 (Kelas Kontrol) dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar siswa yaitu pada kelas eksperimen nilai pretest 37,06 dan nilai postest 85,36 sedangkan pada kelas kontrol nilai pretest 34,93 dan nilai postest 59,3. Data pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif berdasarkan N-Gain. Peningkatan kemampuan kognitif kelas eksperimen yaitu 76,59% dan kelas kontrol yaitu 35,02%. Pada kelas eksperimen aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi bumi dan tata surya di kelas VII SMP Negeri 29 Medan mengalami peningkatan selama 4 pertemuan yaitu dari 44,5% menjadi 81,3%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 11,49 > 1,671 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima bahwasannya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan pembelajaran konvensional pada materi bumi dan tata surya kelas VII di SMP Negeri 29 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 523.2 Asm p
Keywords: Numbered head together; Pembelajaran konvensional; Bumi; Tata surya; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QB Astronomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:01
Last Modified: 15 Jul 2025 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63686

Actions (login required)

View Item
View Item