PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA PODCAST TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PAHLAWAN NASIONAL

Sinaga, Abdi Thomas Roberto (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA PODCAST TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PAHLAWAN NASIONAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111052_Cover.pdf] Text
2203111052_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 2203111052_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111052_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 2203111052_Abstrak.pdf] Text
2203111052_Abstrak.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 2203111052_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111052_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 2203111052_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111052_Daftar_Isi.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 2203111052_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111052_Daftar_Tabel.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 2203111052_BAB_I.pdf] Text
2203111052_BAB_I.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 2203111052_BAB_II.pdf] Text
2203111052_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[thumbnail of 2203111052_BAB_III.pdf] Text
2203111052_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111052_BAB_IV.pdf] Text
2203111052_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111052_BAB_V.pdf] Text
2203111052_BAB_V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 2203111052_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111052_Daftar_Pustaka.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 2203111052_Lampiran.pdf] Text
2203111052_Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Podcast terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Pahlawan Nasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 158 orang. Sampel terdiri dari 60 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 30 orang dan kelas eksperimen 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen posttest-only control design dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan siswa kelas VIII SMP Pahlawan Nasional Medan,dengan menggunakan model konvensional tergolong kedalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 57,5. 2) Kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan siswa kelas VIII SMP
Pahlawan Nasional Medan, dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan media podcast tergolong kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 82,83. 3) Model Project
Based Learning berbantuan media podcast berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Pahlawan Nasional Medan. Oleh karena
itu, dapat dikatakan nilai eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai thitung = 12,41. Setelah thitung diketahui, selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n=30, diperoleh ttabel = 2,045. Hal ini membuktikan bahwa thitung > ttabel yaitu, 12,41 > 2,045, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Project Based Learning berbantuan media podcast terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan siswa kelas VIII SMP Pahlawan Nasional Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning; Podcast; Menceritakan Kembali; Teks Ulasan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:32
Last Modified: 15 Jul 2025 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63670

Actions (login required)

View Item
View Item