Samosir, Muhammad Ridho (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Dasar Teknik Otomotif (DDTO) Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173122012_Cover.pdf
Download (65kB)
5173122012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (391kB)
5173122012_Kata_Pengantar.pdf
Download (70kB)
5173122012_Abstrak.pdf
Download (241kB)
5173122012_Daftar_Isi.pdf
Download (91kB)
5173122012_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
5173122012_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
5173122012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
5173122012_BAB_I.pdf
Download (589kB)
5173122012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173122012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173122012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5173122012_BAB_V.pdf
Download (399kB)
5173122012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (451kB)
5173122012_Lampiran.pdf
Download (9MB)
5173122012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Pembelajaran dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif (DDTO) di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, khususnya di kelas X Teknik Kendaraan Ringan, menunjukkan hasil belajar siswa yang rendah, terlihat dari persentase siswa yang tidak mencapai nilai minimal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 70% dalam ujian harian semester I dan II tahun ajaran 2022/2023. Media pembelajaran yang digunakan saat ini masih bersifat ekspositori, yang cenderung membuat siswa menjadi pasif dan kurang efektif dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dasar-dasar teknologi otomotif menggunakan Macromedia Flash 8 di kelas X TKR SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, serta untuk mengeksplorasi potensi penggunaan dan mengukur efektivitas alat pengajaran tersebut.
Pengembangan media pembelajaran ini melibatkan lima tahap utama: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari analisis pengembangan media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 untuk mata pelajaran DDTO menunjukkan bahwa materi ajar gambar teknik disajikan dalam bentuk soft copy yang dapat diakses melalui aplikasi Android dan Adobe Flash di laptop atau komputer. Berdasarkan penilaian ahli, alat pengajaran ini dinilai sangat layak dengan nilai rata-rata ahli materi sebesar 4,24, ahli media 4,53, dan ahli desain 4,72. Uji coba kecil dan besar juga menunjukkan kelayakan yang tinggi dengan skor rata-rata masing-masing 4,17 dan 4,21. Secara keseluruhan, media pembelajaran ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif, dengan nilai N-Gain sebesar 0,712 atau 71,2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 efektif dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengembangan media, macromedia flash, gambar teknik |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:05 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 04:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63666 |
