Purba, Putri Oktavia (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203342006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Cover.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203342006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Abstrak.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Kata_Pengantar.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Daftar_Isi.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Daftar_Tabel.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Daftar_Gambar.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_BAB_I.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203342006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203342006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203342006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
![[thumbnail of 7203342006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_BAB_V.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203342006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (25MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa di SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 36 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 20 siswa (55,56%) yang termasuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 32 siswa (88,89%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre-test 68,89% dengan siswa yang tuntas 12 siswa (33,33%) dan post-test siklus I dengan rata-rata 78,89% dengan siswa yang tuntas 22 siswa (61,11%) dan meningkat pada hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 93,33 dengan siswa yang tuntas 36 siswa (100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Siswa di SMK Negeri 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Learning Cycle 5E |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63665 |