Rillyana, Prisilla (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111074_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Cover.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of 1203111074_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (891kB)
![[thumbnail of 1203111074_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Kata_Pengantar.pdf
Download (310kB)
![[thumbnail of 1203111074_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Abstrak.pdf
Download (352kB)
![[thumbnail of 1203111074_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Daftar_Isi.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 1203111074_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Daftar_Tabel.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 1203111074_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Daftar_Gambar.pdf
Download (184kB)
![[thumbnail of 1203111074_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Daftar_Lampiran.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 1203111074_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_BAB_I.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of 1203111074_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111074_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (639kB)
![[thumbnail of 1203111074_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111074_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_BAB_V.pdf
Download (273kB)
![[thumbnail of 1203111074_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Daftar_Pustaka.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 1203111074_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111074_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimen. Sedangkan Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design (Nonequivalent control group design). Hasil penelitian dapat dilihat saat peneliti memberikan soal pretest kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, Pada penelitian ini, peneliti memberikan tes soal pretest kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 41,4 sedangkan skor rata-rata pada kelas kontrol yaitu 39,17 Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda terhadap kedua kelas tersebut dengan materi yang sama yaitu Tumbuhan, Sumber Kehidupan Di Bumi. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Selanjutnya kedua kelas diberikan soal posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 77,92 sedangkan skor rata-rata pada kelas kontrol 48,75. Hal ini menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul sebesar 29,17 dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan dengan membandingkan skor rata-rata pretest dan posttest diketahui skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat 36,52. sedangkan skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol meningkat sebanyak 9,58. Berdasarkan uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa seluruh data dalam penelitian ini, diketahui bahwa data pretest dan posttest baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal, selanjutnya uji homogenitas menunjukkan nilai 0,306 > 0,05 atau data pada penelitian ini tergolong homogen. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test karena data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukan bahwa thitung (2-tailed) < ttabel (0,000 < 0,05) atau H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Mempunyai Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Mata pelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:00 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63661 |