Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur

Rillyana, Prisilla (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111074_Cover.pdf] Text
1203111074_Cover.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1203111074_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111074_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of 1203111074_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111074_Kata_Pengantar.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1203111074_Abstrak.pdf] Text
1203111074_Abstrak.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 1203111074_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111074_Daftar_Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1203111074_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111074_Daftar_Tabel.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1203111074_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111074_Daftar_Gambar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 1203111074_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111074_Daftar_Lampiran.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1203111074_BAB_I.pdf] Text
1203111074_BAB_I.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 1203111074_BAB_II.pdf] Text
1203111074_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111074_BAB_III.pdf] Text
1203111074_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[thumbnail of 1203111074_BAB_IV.pdf] Text
1203111074_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111074_BAB_V.pdf] Text
1203111074_BAB_V.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 1203111074_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111074_Daftar_Pustaka.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 1203111074_Lampiran.pdf] Text
1203111074_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimen. Sedangkan Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design (Nonequivalent control group design). Hasil penelitian dapat dilihat saat peneliti memberikan soal pretest kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, Pada penelitian ini, peneliti memberikan tes soal pretest kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 41,4 sedangkan skor rata-rata pada kelas kontrol yaitu 39,17 Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda terhadap kedua kelas tersebut dengan materi yang sama yaitu Tumbuhan, Sumber Kehidupan Di Bumi. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Selanjutnya kedua kelas diberikan soal posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 77,92 sedangkan skor rata-rata pada kelas kontrol 48,75. Hal ini menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul sebesar 29,17 dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan dengan membandingkan skor rata-rata pretest dan posttest diketahui skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat 36,52. sedangkan skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol meningkat sebanyak 9,58. Berdasarkan uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa seluruh data dalam penelitian ini, diketahui bahwa data pretest dan posttest baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal, selanjutnya uji homogenitas menunjukkan nilai 0,306 > 0,05 atau data pada penelitian ini tergolong homogen. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test karena data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukan bahwa thitung (2-tailed) < ttabel (0,000 < 0,05) atau H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Mempunyai Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Mata pelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:00
Last Modified: 15 Jul 2025 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63661

Actions (login required)

View Item
View Item