Prabowo, Muhammad Iqbal Agum (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203142004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Cover.pdf
Download (495kB)
![[thumbnail of 7203142004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Abstrak.pdf
Download (813kB)
![[thumbnail of 7203142004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Daftar_Isi.pdf
Download (779kB)
![[thumbnail of 7203142004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Daftar_Tabel.pdf
Download (499kB)
![[thumbnail of 7203142004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Daftar_Gambar.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of 7203142004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (499kB)
![[thumbnail of 7203142004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203142004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203142004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203142004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 7203142004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_BAB_V.pdf
Download (773kB)
![[thumbnail of 7203142004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kelas XI AKL 1 di SMK Negeri 6 Medan melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini yaitu 36 siswa kelas XI AKL 1. Model Direct Instruction adalah objek pada penelitian ini. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes pengetahuan dan lembar observasi aktivitas.
Hasil dari observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 10 siswa (27,78%) yang masuk kategori aktif dan sangat aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kategori aktif dan sangat aktif meningkat menjadi 36 siswa (100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan >85%. Dan dari hasil analisis data diperoleh post-test siklus I dengan nilai rata-rata 63,89 dengan siswa yang tuntas 10 siswa (27,78%) dan terjadi peningkatan di post-test siklus II dengan nilai rata-rata 83,86 dengan siswa yang tuntas 35 siswa (97,22%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan >85%. Berdasarkan data tersebut, maka indikator penelitian ini telah terpenuhi. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Direct Instruction, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Jurnal Penyesuaian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:51 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63627 |