PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN

Prabowo, Muhammad Iqbal Agum (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142004_Cover.pdf] Text
7203142004_Cover.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 7203142004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142004_Abstrak.pdf] Text
7203142004_Abstrak.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of 7203142004_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203142004_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142004_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142004_Daftar_Isi.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 7203142004_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142004_Daftar_Tabel.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 7203142004_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142004_Daftar_Gambar.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 7203142004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 7203142004_BAB_I.pdf] Text
7203142004_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203142004_BAB_II.pdf] Text
7203142004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203142004_BAB_III.pdf] Text
7203142004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203142004_BAB_IV.pdf] Text
7203142004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 7203142004_BAB_V.pdf] Text
7203142004_BAB_V.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of 7203142004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142004_Lampiran.pdf] Text
7203142004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kelas XI AKL 1 di SMK Negeri 6 Medan melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini yaitu 36 siswa kelas XI AKL 1. Model Direct Instruction adalah objek pada penelitian ini. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes pengetahuan dan lembar observasi aktivitas.
Hasil dari observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 10 siswa (27,78%) yang masuk kategori aktif dan sangat aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kategori aktif dan sangat aktif meningkat menjadi 36 siswa (100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan >85%. Dan dari hasil analisis data diperoleh post-test siklus I dengan nilai rata-rata 63,89 dengan siswa yang tuntas 10 siswa (27,78%) dan terjadi peningkatan di post-test siklus II dengan nilai rata-rata 83,86 dengan siswa yang tuntas 35 siswa (97,22%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan >85%. Berdasarkan data tersebut, maka indikator penelitian ini telah terpenuhi. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 6 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Direct Instruction, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Jurnal Penyesuaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:51
Last Modified: 15 Jul 2025 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63627

Actions (login required)

View Item
View Item