-, Nurhayati (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 115480 Panca Bakti. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213311159_Cover.pdf
Download (68kB)
1213311159_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (842kB)
1213311159_Kata_Pengantar.pdf
Download (535kB)
1213311159_Abstrak.pdf
Download (142kB)
1213311159_Daftar_Isi.pdf
Download (109kB)
1213311159_Daftar_Tabel.pdf
Download (64kB)
1213311159_Daftar_Gambar.pdf
Download (59kB)
1213311159_Daftar_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (62kB)
1213311159_BAB_I.pdf
Download (374kB)
1213311159_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (752kB)
1213311159_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (980kB)
1213311159_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213311159_BAB_V.pdf
Download (218kB)
1213311159_Daftar_Pustaka.pdf
Download (172kB)
1213311159_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan,
praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis Ispring Suite pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SDN 115480 Panca Bakti. Populasi
penelitian yakni seluruh siswa kelas IV semester genap T.A 2024/2025 di SDN
115480 Panca Bakti. Sampel penelitian yakni siswa kelas IV semester genap T.A
2024/2025 di SDN 115480 Panca Bakti yang berjumlah 9 siswa yakni 3 orang lakilaki
dan 6 orang perempuan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan
menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
and Evaluation) dengan Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni lembar
wawancara, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang didapatkan antara
lain: (1) Hasil persentase validasi produk oleh validator secara keseluruhan adalah
88,5% dan termasuk sangat sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran; (2)
Hasil penilaian praktikalitas dari guru kelas IV SDN 115480 Panca Bakti diperoleh
nilai total dengan persentase 90% termasuk dalam kategori sangat praktis
digunakan dalam proses pembelajaran; dan (3) Skor N-Gain (g) berjumlah 0,93
yang berada dalam batas g > 0,7 disertai penjelasan “Sangat Efektif” sehinga dapat
ditarik kesimpulan bahwa sarana pembelajaran yang berbasis Ispring Suite sangat
efisien diterapkan pada waktu pembelajaran. Kesimpulan dalam kajian dan
pengembangan ini melahirkan sebuah produk yang berupa sumber belajar berbasis
Ispring Suite terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang sesuai, aplikatif
dan efisien digunakan pada waktu pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan media pemebelajaran; Pendidikan Pancasila; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:44 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 02:44 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63625 |
