Manalu, Mia Octavia (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 RANTAU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203342028_Cover.pdf
Download (425kB)
7203342028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203342028_Abstrak.pdf
Download (708kB)
7203342028_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203342028_Daftar_Isi.pdf
Download (772kB)
7203342028_Daftar_Tabel.pdf
Download (433kB)
7203342028_Daftar_Gambar.pdf
Download (432kB)
7203342028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (432kB)
7203342028_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7203342028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
7203342028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203342028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7203342028_BAB_V.pdf
Download (706kB)
7203342028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203342028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi di SMKN 1 Rantau Utara; (2) pengaruh interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi di SMKN 1 Rantau Utara.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Rantau Utara. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMKN 1 Rantau Utara yang berjumlah 102 siswa. Teknik pengumpulan sampel yaitu dengan Simpel Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 51 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis ini dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootsrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa jurusan Akuntansi SMKN 1 Rantau Utara diperoleh nilai p-value sebesar 0,016 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05. (2) Interaksi sosial siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa jurusan Akuntansi SMKN 1 Rantau Utara diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Lingkungan Sosial, Interaksi Sosial, Hasil Belajar, Partial Least Square (PLS). |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 09:23 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 09:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63597 |
