Malau, Marshanda Cristina Sar (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MIND MAPPING METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKL 2 SMKN 1 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
7202442011_Cover.pdf
Download (293kB)
7202442011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7202442011_Abstrak.pdf
Download (682kB)
7202442011_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7202442011_Daftar_Isi.pdf
Download (580kB)
7202442011_Daftar_Tabel.pdf
Download (299kB)
7202442011_Daftar_Gambar.pdf
Download (298kB)
7202442011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (301kB)
7202442011_BAB_I.pdf
Download (4MB)
7202442011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7202442011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7202442011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
7202442011_BAB_V.pdf
Download (627kB)
7202442011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7202442011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 2 SMK Negeri 1 Pematangsiantar yang berjumlah 33 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Mind Mapping Method. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan pemecahan masalah dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis kualitatif.
Dari lembar observasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I terdapat 2 siswa (6,1%) dengan kategori tinggi, 7 siswa (21,2%) dengan kategori sedang, dan 24 siswa lainnya (72,7%) termasuk dalam kategori rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan, terdapat 27 siswa (81,8%) dengan kategori tinggi dan sangat tinggi, serta 6 orang siswa (18,2%) dengan kategori sedang dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari Pre-test diperoleh rata-rata nilai 54,15 dengan siswa yang tuntas 9 orang siswa (27%) dan Post-test I dengan rata-rata nilai 69,96 dan jumlah siswa yang tuntas 16 orang siswa (48%) serta meningkat di hasil Post-test II dengan nilai rata-rata 86,31 dengan siswa yang tuntas 33 orang siswa (100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Mind Mapping Method dapat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 2 SMK Negeri 1 Pematangsiantar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, Hasil Belajar, Metode Mind Mapping, Creative Problem Solving |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 05:05 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 05:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63571 |
