Manalu, Maretta Warta (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7202442010_Cover.pdf
Download (314kB)
7202442010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (5MB)
7202442010_Abstrak.pdf
Download (668kB)
7202442010_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7202442010_Daftar_Isi.pdf
Download (826kB)
7202442010_Daftar_Tabel.pdf
Download (278kB)
7202442010_Daftar_Gambar.pdf
Download (277kB)
7202442010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (393kB)
7202442010_BAB_I.pdf
Download (5MB)
7202442010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7202442010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
7202442010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
7202442010_BAB_V.pdf
Download (665kB)
7202442010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7202442010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 2 SMKN 6 Medan yang berjumlah 35 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu Soal. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif.
Dari lembar observasi motivasi belajar siswa pada siklus I terdapat 7 orang siswa (20%) yang masuk dalam kategori termotivasi dan sangat termotivasi. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat termotivasi dan termotivasi meningkat menjadi 32 orang siswa (91,42%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari Pre-test diperoleh rata-rata nilai 71,54 dengan siswa yang tuntas 6 orang (17,15%) dan Post-test siklus I dengan rata –rata nilai 75,94 dengan siswa yang tuntas 12 orang (34,28%) dan meningkat di hasil Post-Test siklus II dengan nilai rata-rata 92,28 dengan siswa yang tuntas 35 orang siswa (100%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu Soal dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 2 SMKN 6 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Kartu Soal, Kooperatif Tipe Jigsaw |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:51 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 04:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63567 |
