Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tata Hidang Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan

Perangin-angin, Okta Ribu Apuna Br (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tata Hidang Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5201142002_Cover.pdf] Text
5201142002_Cover.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 5201142002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5201142002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of 5201142002_Kata_Pengantar.pdf] Text
5201142002_Kata_Pengantar.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 5201142002_Abstrak.pdf] Text
5201142002_Abstrak.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 5201142002_Daftar_Isi.pdf] Text
5201142002_Daftar_Isi.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 5201142002_Daftar_Tabel.pdf] Text
5201142002_Daftar_Tabel.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 5201142002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5201142002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 5201142002_BAB_I.pdf] Text
5201142002_BAB_I.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 5201142002_BAB_II.pdf] Text
5201142002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[thumbnail of 5201142002_BAB_III.pdf] Text
5201142002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5201142002_BAB_IV.pdf] Text
5201142002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[thumbnail of 5201142002_BAB_V.pdf] Text
5201142002_BAB_V.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 5201142002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5201142002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 5201142002_Lampiran.pdf] Text
5201142002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah agar mengetahui : 1) Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning. 2) Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional. 3) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 8 Medan TA 2024/2025. Periode penelitian pada bulan Juli- September 2024. Metode dalam penelitian ini ialah quasi eksperiment. Dengan populasi berjumlah 242. Simple random sampling ialah teknik
pengambilan sampel dan diperoleh XI Kuliner 2 menjadi kelompok eksperimen dan XI Kuliner 6 menjadi kelompok kontrol. Teknik dalam menganalisis data yaitu, deskripsi data, tingkat kecenderungan, uji persyaratan menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji-t. Melalui hasil penelitian menyatakan tingkat kecenderungan hasil belajar tata hidang siswa dengan menerapkan model problem based learning tergolong kedalam kategori cenderung sangat baik dengan jumlah sebesar 97% selanjutnya tingkat kecenderungan hasil belajar tata hidang dengan menerapkan pembelajaran konvensional cenderung baik dengan jumlah sebesar 65% . Melalui analisis uji-t diperoleh hasil yang menyatakan penerapan pembelajaran problem based learning
memberikan hasil positif bagi hasil belajar tata hidang dengan nilai thitung > ttabel (32,85>2,000). Dengan arti model problem based learning dapat memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Tata Hidang; Peralatan Penyajian
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:36
Last Modified: 14 Jul 2025 03:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63548

Actions (login required)

View Item
View Item