Perangin-angin, Okta Ribu Apuna Br (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tata Hidang Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5201142002_Cover.pdf
Download (221kB)
5201142002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (877kB)
5201142002_Kata_Pengantar.pdf
Download (352kB)
5201142002_Abstrak.pdf
Download (334kB)
5201142002_Daftar_Isi.pdf
Download (246kB)
5201142002_Daftar_Tabel.pdf
Download (225kB)
5201142002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (225kB)
5201142002_BAB_I.pdf
Download (468kB)
5201142002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (938kB)
5201142002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201142002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (655kB)
5201142002_BAB_V.pdf
Download (217kB)
5201142002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (247kB)
5201142002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah agar mengetahui : 1) Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning. 2) Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional. 3) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 8 Medan TA 2024/2025. Periode penelitian pada bulan Juli- September 2024. Metode dalam penelitian ini ialah quasi eksperiment. Dengan populasi berjumlah 242. Simple random sampling ialah teknik
pengambilan sampel dan diperoleh XI Kuliner 2 menjadi kelompok eksperimen dan XI Kuliner 6 menjadi kelompok kontrol. Teknik dalam menganalisis data yaitu, deskripsi data, tingkat kecenderungan, uji persyaratan menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji-t. Melalui hasil penelitian menyatakan tingkat kecenderungan hasil belajar tata hidang siswa dengan menerapkan model problem based learning tergolong kedalam kategori cenderung sangat baik dengan jumlah sebesar 97% selanjutnya tingkat kecenderungan hasil belajar tata hidang dengan menerapkan pembelajaran konvensional cenderung baik dengan jumlah sebesar 65% . Melalui analisis uji-t diperoleh hasil yang menyatakan penerapan pembelajaran problem based learning
memberikan hasil positif bagi hasil belajar tata hidang dengan nilai thitung > ttabel (32,85>2,000). Dengan arti model problem based learning dapat memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Tata Hidang; Peralatan Penyajian |
| Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:36 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 03:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63548 |
