Batubara, Huida E (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 13 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203142016_Cover.pdf
Download (365kB)
7203142016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203142016_Abstrak.pdf
Download (950kB)
7203142016_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203142016_Daftar_Isi.pdf
Download (729kB)
7203142016_Daftar_Tabel.pdf
Download (456kB)
7203142016_Daftar_Gambar.pdf
Download (454kB)
7203142016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (456kB)
7203142016_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203142016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203142016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203142016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
7203142016_BAB_V.pdf
Download (845kB)
7203142016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (847kB)
7203142016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas XI SMKN 13 Medan melalui penerapan model
Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan di SMKN 13
Medan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 2 yang berjumlah 34
siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And
Learning (CTL).Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil
belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan
analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 18 (52,95%)
yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang
termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 31 siswa (91,17%)
dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥90%. Dari hasil analisis data
diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre test 69,41 dengan
siswa yang tuntas 15 siswa (44,11%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata
75,30 dengan siswa yang tuntas 24 siswa (70,59%) dan meningkat di hasil post
test II dengan nilai rata-rata 91,76 dengan siswa yang tuntas 34 siswa (100%) dan
telah memenuhi indikator keberhasilan ≥90% . Berdasarkan analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And
Learning (CTL) dapat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada
Siswa Kelas XI SMKN 13 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Contextual Teaching And Learning (CTL) |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:16 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 03:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63534 |
