PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 13 MEDAN

Butar-butar, Hasty Audrey Margareth (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142017_Cover.pdf] Text
7203142017_Cover.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of 7203142017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142017_Abstrak.pdf] Text
7203142017_Abstrak.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of 7203142017_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203142017_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142017_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142017_Daftar_Isi.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of 7203142017_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142017_Daftar_Tabel.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 7203142017_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142017_Daftar_Gambar.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 7203142017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of 7203142017_BAB_I.pdf] Text
7203142017_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203142017_BAB_II.pdf] Text
7203142017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7203142017_BAB_III.pdf] Text
7203142017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203142017_BAB_IV.pdf] Text
7203142017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 7203142017_BAB_V.pdf] Text
7203142017_BAB_V.pdf

Download (819kB)
[thumbnail of 7203142017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142017_Lampiran.pdf] Text
7203142017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar serta hasil belajar siswa akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 13 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2023/2024 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 13 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahapan pada penelitian Tindakan kelas yang harus dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan data kuantatif dan kualitatif menggunakan Microsoft Excel. Berdasarakan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I aktivitas belajar siswa yang termasuk kategori aktif berjumlah 58,9% dan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 berjumlah 64,7%, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II aktivitas belajar siswa dengan kategori aktif meningkat hingga 91,2% dan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 meningkat hingga 91,1%. Sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 13 Medan TA. 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:08
Last Modified: 14 Jul 2025 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63531

Actions (login required)

View Item
View Item