PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Pradana, Fajar (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7171142005_Cover.pdf] Text
7171142005_Cover.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 7171142005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7171142005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7171142005_Abstrak.pdf] Text
7171142005_Abstrak.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of 7171142005_Kata_Pengantar.pdf] Text
7171142005_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7171142005_Daftar_Isi.pdf] Text
7171142005_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7171142005_Daftar_Tabel.pdf] Text
7171142005_Daftar_Tabel.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 7171142005_Daftar_Gambar.pdf] Text
7171142005_Daftar_Gambar.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 7171142005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7171142005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 7171142005_BAB_I.pdf] Text
7171142005_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7171142005_BAB_II.pdf] Text
7171142005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7171142005_BAB_III.pdf] Text
7171142005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7171142005_BAB_IV.pdf] Text
7171142005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7171142005_BAB_V.pdf] Text
7171142005_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7171142005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7171142005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7171142005_Lampiran.pdf] Text
7171142005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan, dikarenakan rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam mengendalikan emosi dan kurangnya kepercayaan diri atas kemampuannya dalam menyelesaikan tugas yang sudah menjadi tanggung jawab siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi di SMK Swasta Jambi Medan dengan melaui kepercayaan diri sebagai variable intervening.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi pada penelitian ini ialah semua siswa/siswi kelas XI Akuntansi SMKS Jambi Medan. Dimana ada 2 kelas jurusan akuntansi pada kelas XI di sekolah ini dengan jumlah 51 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 34 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier, amalisis jalur dan uji sobel dengan bantuan software SPSS (Statistical Package for Social Science). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, angket/kuesioner, dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung pada variabel kecerdasan emosional (X) sebesar 5.578 > ttabel 2.03693; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kecerdasan emosional terhadap kepercayaan diri yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung pada variabel kecerdasan emosional (X) sebesar 3.850 > ttabel 2.03693; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kepercayaan diri terhadap hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung pada variabel kepercayaan diri sebesar 4.820 > ttabel 2.03693; (4) Begitu juga variabel kepercayaan diri sebagai variabel intervening memiliki nilai thitung sebesar 6.996 > ttabel 2.03693 sehigga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri mampu memediasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:41
Last Modified: 12 Jul 2025 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63505

Actions (login required)

View Item
View Item