Pradana, Fajar (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7171142005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Cover.pdf
Download (307kB)
![[thumbnail of 7171142005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7171142005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Abstrak.pdf
Download (748kB)
![[thumbnail of 7171142005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7171142005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7171142005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Daftar_Tabel.pdf
Download (474kB)
![[thumbnail of 7171142005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Daftar_Gambar.pdf
Download (472kB)
![[thumbnail of 7171142005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of 7171142005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7171142005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7171142005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7171142005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![[thumbnail of 7171142005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7171142005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7171142005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7171142005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan, dikarenakan rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam mengendalikan emosi dan kurangnya kepercayaan diri atas kemampuannya dalam menyelesaikan tugas yang sudah menjadi tanggung jawab siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi di SMK Swasta Jambi Medan dengan melaui kepercayaan diri sebagai variable intervening.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi pada penelitian ini ialah semua siswa/siswi kelas XI Akuntansi SMKS Jambi Medan. Dimana ada 2 kelas jurusan akuntansi pada kelas XI di sekolah ini dengan jumlah 51 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 34 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier, amalisis jalur dan uji sobel dengan bantuan software SPSS (Statistical Package for Social Science). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, angket/kuesioner, dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung pada variabel kecerdasan emosional (X) sebesar 5.578 > ttabel 2.03693; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kecerdasan emosional terhadap kepercayaan diri yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung pada variabel kecerdasan emosional (X) sebesar 3.850 > ttabel 2.03693; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kepercayaan diri terhadap hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung pada variabel kepercayaan diri sebesar 4.820 > ttabel 2.03693; (4) Begitu juga variabel kepercayaan diri sebagai variabel intervening memiliki nilai thitung sebesar 6.996 > ttabel 2.03693 sehigga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri mampu memediasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 04:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63505 |