Rahman, Laila (2025) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 050732 Tanjung Pura Kab. Langkat. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111070_Cover.pdf
Download (68kB)
1203111070_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (940kB)
1203111070_Kata_Pengantar.pdf
Download (172kB)
1203111070_Abstrak.pdf
Download (100kB)
1203111070_Daftar_Isi.pdf
Download (106kB)
1203111070_Daftar_Tabel.pdf
Download (64kB)
1203111070_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
1203111070_Daftar_Lampiran.pdf
Download (63kB)
1203111070_BAB_I.pdf
Download (357kB)
1203111070_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (948kB)
1203111070_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (436kB)
1203111070_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (906kB)
1203111070_BAB_V.pdf
Download (90kB)
1203111070_Daftar_Pustaka.pdf
Download (256kB)
1203111070_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa indonesia kelas V SD Negeri 050732 Tanjung Pura Kab. Langkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 050732 Tanjung Pura, 2) Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 050732 Tanjung Pura dan 3) upaya mengatasi kendala dan hambatan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 050732 Tanjung Pura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas V-A, dan Siswa Kelas V-A sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data kualitatif menggunakan interactive model yaitu penggumpulan data (collection), reduksi data (reduction), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi kurikulum merdeka dalampembelajaran Bahasa Indonesia sudah terealisasiakan dengan baik, perencanaan yang dilakukan yaitu dengan menganalisis CP, menyusun TP, dan membuat ATP. Pelaksanaan pembelajaranya sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi serta sudah menyusun evaluasi berupa assessmentdiagnostik, assessment formatif dan sumatif, 2) terdapat kendala dan hambatan seperti informasi yang kurang valid, sumber referensi masih sedikit, keterbatasan waktu dalam penyusunan modul ajar dan assessment, 3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dan hambatan yaitu dengan cara mengikuti kegiatan seminar, webinar dan workshop,memperbanyak sumber referensi danmemanfaatkan buku pedoman penyusunan modul ajar yang disediakan pemerintah
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:54 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 01:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63500 |
