Napitupulu, Eunike Alfrisa (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMKN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203142015_Cover.pdf
Download (380kB)
7203142015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203142015_Abstrak.pdf
Download (741kB)
7203142015_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203142015_Daftar_Isi.pdf
Download (614kB)
7203142015_Daftar_Tabel.pdf
Download (338kB)
7203142015_Daftar_Gambar.pdf
Download (338kB)
7203142015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (340kB)
7203142015_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7203142015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203142015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203142015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
7203142015_BAB_V.pdf
Download (787kB)
7203142015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203142015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMKN 7 Medan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan di SMKN 7 Medan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 16 (44,44%)
yang masuk kedalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 33 siswa (91,66%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data yang
diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre-test 54,16 dengan siswa yang tuntas 8 siswa (22,22%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata 63,61 dengan siswa yang tuntas 16 siswa (44,44%) dan meningkat di hasil post-test II dengan nilai rata-rata 87,36 dengan siswa yang tuntas 34 siswa (94,44%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Di SMKN 7 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Jigsaw |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:24 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 09:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63495 |
