Sukatendel, Egi Oktari (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MASEHI BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203142018_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Cover.pdf
Download (288kB)
![[thumbnail of 7203142018_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (916kB)
![[thumbnail of 7203142018_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Abstrak.pdf
Download (576kB)
![[thumbnail of 7203142018_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142018_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Daftar_Isi.pdf
Download (859kB)
![[thumbnail of 7203142018_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Daftar_Tabel.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of 7203142018_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Daftar_Gambar.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of 7203142018_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (299kB)
![[thumbnail of 7203142018_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203142018_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203142018_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203142018_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7203142018_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_BAB_V.pdf
Download (576kB)
![[thumbnail of 7203142018_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of 7203142018_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil
Belajar Ekonomi kelas XI IPS di SMA Swasta Masehi Berastagi dengan
PenerapanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement
Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 3 SMA Swasta Masehi Berastagu yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu: perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observation) dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, dan instrumen yang bersifat tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan data yang disajikan, Hasil Belajar Ekonomi siswa pada post
test siklus I siswa yang sudah mencapai KKM adalah 8 siswa atau 22,22%.
Peningkatan siswa yang mencapai KKM terus terjadi pada pre test-post test siklus II, yaitu 15 siswa atau 41.67% dan 31 siswa atau 86.11%. Hasil Belajar Ekonomi siswa dari post test siklus I ke post test siklus II sudah mencapai keberhasilan yang diharapkan yaitu 8 siswa atau 22.22% menjadi 31 siswa atau 86.11%.
Pembahasan hasil penelitian sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan dalam metode penelitian, Keaktifan Belajar dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ditandai dengan persentase Keaktifan Belajar keseluruhan mencapai 75% atau minimal 31 siswa yaitu75% siswa mengalami peningkatan skor Keaktifan Belajar. Hasil Belajar Ekonomi, secara kognitif mencapai minimal 31 siswa yaitu 75% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 pada mata pelajaran Ekonomi di sekolah. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar kelas XI IPS di SMA Swasta Masehi, Berastagi. Hal tersebut sesuai tujuan pokok belajar kooperatif adalah memaksimalkan belajar siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan pemahaman baik secara individu
maupun secara kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Student Teams Achievement Division (STAD), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 08:43 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63482 |