Hubungan Daya Tarik Iklan Junk Food dan Frekuensi Konsumsi Junk Food dengan Kegemukan Siswa di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang

Amelia, Intan Sefira (2024) Hubungan Daya Tarik Iklan Junk Food dan Frekuensi Konsumsi Junk Food dengan Kegemukan Siswa di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193240015_Cover.pdf] Text
5193240015_Cover.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 5193240015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193240015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 5193240015_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193240015_Kata_Pengantar.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 5193240015_Abstrak.pdf] Text
5193240015_Abstrak.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 5193240015_Daftar_Isi.pdf] Text
5193240015_Daftar_Isi.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of 5193240015_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193240015_Daftar_Tabel.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 5193240015_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193240015_Daftar_Gambar.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 5193240015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193240015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 5193240015_BAB_I.pdf] Text
5193240015_BAB_I.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 5193240015_BAB_II.pdf] Text
5193240015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193240015_BAB_III.pdf] Text
5193240015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193240015_BAB_IV.pdf] Text
5193240015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193240015_BAB_V.pdf] Text
5193240015_BAB_V.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 5193240015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193240015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 5193240015_Lampiran.pdf] Text
5193240015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Remaja merupakan salah satu kelompok yang paling rentan mengalami masalah gizi. Dapat dikatakan bahwa remaja sangat mungkin mengalami masalah gizi, salah satunya kegemukan. Remaja adalah orang mudah terpengaruh oleh hal hal luar seperti kebiasaan konsumsi junk food, dan iklan yang terdapat di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakteristik responden jenis kelamin, usia, uang saku, frekuensi jajan, pendidikan ayah, pendidikan ibu,
pekerjaan ayah, pekerjaan ibu, pendapatan ayah, dan pendapatan ibu; (2) Daya tarik iklan junk food pada siswa; (3) Frekuensi konsumsi junk food pada siswa; (4) Kegemukan pada siswa; (5)Hubungan daya tarik iklan junk food dengan
kegemukan pada siswa; (6) Hubungan frekuensi konsumsi junk food dengan kegemukan pada siswa; (7) Hubungan antara daya tarik iklan junk food dan frekuensi junk food dengan kegemukan pada siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA
Negeri 1 Kejuruan Muda pada bulan Juli – Agustus 2024. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah 65 orang. Desain penelitian cross sectional. Teknik pengumpulan data daya tarik iklan menggunakan kuesioner, frekuensi konsumsi menggunakan formulir food frequency questionnaire (FFQ), dan kegemukan dengan melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Square, uji Rank Spearman dan Uji Regresi Logistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan daya tarik iklan termasuk kategori tertarik sebesar 53,9 persen, frekuensi konsumsi termasuk kategori
frekuensi ≥ 3 kali/minggu sebesar 66,2 persen, dan siswa termasuk kategori gemuk sebesar 55,4 persen. Hasil uji Chi Square tidak terdapat hubungan signifikan antara daya tarik iklan dengan kegemukan pada siswa dengan nilai p-value = 0,419. Hasil uji Rank Spearman terdapat hubungan positif dan signifikan antara frekuensi konsumsi junk food dengan kegemukan pada siswa dengan nilai koefisien korelasi
sebesar 0,251 (p-value= 0,044) artinya semakin tinggi frekuensi konsumsi maka akan semakin tinggi resiko kegemukan pada siswa. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan variabel frekuensi konsumsi memiliki hubungan signifikan dengan kegemukan dengan nilai p-value 0,040 < 0,05 dengan nilai OR = 1,500. Sedangkan variabel daya tarik iklan tidak memiliki hubungan signifikan dengan kegemukan dengan nilai p-value 0,286 > 0,05. Artinya jika satu poin peningkatan frekuensi konsumsi junk food maka akan beresiko sebesar 1,5 kali. Jika setiap siswa tertarik dengan iklan junk food maka akan beresiko 1,75 kali mengalami kegemukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Daya tarik; Iklan; Junk food
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Gizi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:03
Last Modified: 11 Jul 2025 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63431

Actions (login required)

View Item
View Item