Saragih, Melisa (2013) MENGURANGI STRES ANAK BERBAKAT AKADEMIK MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK KEKNIK HOME ROOM PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151035 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
109151035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
109151035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
109151035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
109151035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109151035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109151035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109151035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109151035 BAB I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
109151035 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
109151035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana layanan bimbingan kelompok teknik home room dapat mengurangi stres anak berbakat akademik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Nur Azizi Tanjung Morawa T.A 2012/2013? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberian layanan bimbingan kelompok teknik home room dapat mengurangi stres anak berbakat akademik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Nur Azizi Tanjung Morawa T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research). Subjek penelitian adalah anak berbakat akademik yang berjumlah 8 orang yang mengalami stres dalam bidang akademik. Alat pengumpul data berupa angket. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa 8 orang anak berbakat akademik yang mengalami stres berada pada kriteria tinggi. Sedangkan pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan pengurangan stres pada kriteria sedang namun masih belum mencapai kriteria yang ditetapkan. Untuk itu pada siklus II peneliti melakukan perbaikan tindakan yang lebih menekankan pada hubungan kekeluargaan. Hasilnya pada siklus II terjadi peningkatan pengurangan stres pada kriteria rendah atau dengan kata lain sudah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu 75%. Hal ini menunjukkan bahwa anak berbakat akademik di SMA Nur Azizi Tanjung Morawa sudah mampu mengurangi stres akademik yang dialaminya. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa melalui pemberian layanan bimbingan kelompok teknik home room dapat mengurangi stres anak berbakat akademik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Nur Azizi Tanjung Morawa T.A 2012/2013, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Sar m |
Keywords: | Stres Anak Berbakat Akademik; Ciri-ciri; Bimbingan; Bimbingan Kelompok; Jenis-jenis Bimbingan; Tahap-tahap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6343 |