Halimatussa’diah (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Sinergi Pada Matapelajaran IPA Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8186124003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Cover.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 8186124003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (549kB)
![[thumbnail of 8186124003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Abstrak.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 8186124003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Kata_Pengantar.pdf
Download (697kB)
![[thumbnail of 8186124003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Daftar_Isi.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 8186124003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Daftar_Tabel.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 8186124003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Daftar_Gambar.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 8186124003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of 8186124003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8186124003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 8186124003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8186124003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 8186124003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_BAB_V.pdf
Download (303kB)
![[thumbnail of 8186124003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (476kB)
![[thumbnail of 8186124003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186124003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait penerapan model pembelajaran Sinergi untuk meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik yang selama ini belum mengaktifkan secara maksimal pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan model pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Gall, Gall dan Borg. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yaitu buku model, buku guru, buku siswa dan buku ajar. Keseluruhan perangkat pembelajaran divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli media, di mana hasilnya menunjukkan kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran. Produk yang dikembangkan dilakukan ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok lapangan di mana hasilnya menunjukkan kelayakan yang baik untuk digunakan. Selanjutnya dilakukan pengujian keefektifan dan kepraktisan model pembelajaran, di mana hasilnya menunjukkan model pembelajaran yang dikembangkan efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan: (1) model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran Sinergi terdiri dari sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring. Penilaian kevalidan isi model pembelajaran Sinergi dengan skor 3,61 kategori sangat valid, kevalidan konstruk model pembelajaran Sinergi dengan skor 3,60 kategori sangat valid, (2) model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat yaitu buku model, buku guru, buku siswa dan buku ajar. Keseluruhan perangkat model pembelajaran Sinergi tersebut telah divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media yang menunjukkan produk model pembelajaran Sinergi layak untuk digunakan, (3) model pembelajaran Sinergi yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik, hal ini terbukti melalui pengujian statistik t-test di mana peroleh harga thitung 4,26 lebih tinggi daripada ttabel 1,99, dan (4) model pembelajaran Sinergi yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan dengan skor 3,39 kategori praktis.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Hal p |
Keywords: | Model Pembelajaran, Kolaboratif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 10:27 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 10:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63397 |