Septyana, Bella (2024) PENGARUH PENGALAMAN PEMBELAJARAN MICROTEACHING DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203342019_Cover.pdf
Download (291kB)
7203342019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203342019_Abstrak.pdf
Download (555kB)
7203342019_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203342019_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7203342019_Daftar_Tabel.pdf
Download (470kB)
7203342019_Daftar_Gambar.pdf
Download (277kB)
7203342019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (548kB)
7203342019_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203342019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203342019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203342019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
7203342019_BAB_V.pdf
Download (822kB)
7203342019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203342019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Kurangnya kesadaran akan minat mahasiswa pendidikan terhadap profesi
guru menjadi permasalahan dalam penelitian ini, dimana seharusnya mahasiswa
yang memilih jurusan kependidkan sudah seharusnya menjadi guru. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengalaman
pembelajaran microteaching, dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi
guru melalui efikasi diri pada mahasiswa pendidikan akuntansi universitas negeri
medan tahun 2020 dan untuk melihat seberapa besar efikasi diri dapat memediasi
hubungan antara variabel tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Medan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi tahun
2020 yang terdiri dari kelas A, kelas B, Kelas C yang berjumlah 84 mahasiswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square)
melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalan analisis berupa
angket penelitian. Data yang dianalisis menggunakan uji PLS Algoritma dan PLS
Bootstrapping.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara pengalaman pembelajaran microeaching dan persepsi profesi guru terhadap
minat menjadi guru akuntansi dengan efikasi diri sebagai variabel intervening
pada mahasiswa pendidikan akuntansi tahun 2020 fakultas ekonomi universitas
negeri medan. Hal ini dapat dilihat dari uji PLS Bootstrapping yang menunjukkan
nilai P Value < 0.05. pengalaman pembelajaran microteaching berpengaruh
sebesar 13% , persepsi profesi guru berpengaruh sebesar 48% dan efikasi diri
berpengaruh 33% terhadap minat menjadi guru akuntansi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengalaman Pembelajaran Microteaching, Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, danMinat Menjadi Guru Akuntansi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:40 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 08:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63394 |
