Bintang, Anna Rahmadani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LEARNING BERBANTUAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA XI AKL DI SMK NEGERI 1 STU JEHE KAB. PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203342005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Cover.pdf
Download (391kB)
![[thumbnail of 7203342005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Abstrak.pdf
Download (578kB)
![[thumbnail of 7203342005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203342005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Daftar_Isi.pdf
Download (880kB)
![[thumbnail of 7203342005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Daftar_Tabel.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of 7203342005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Daftar_Gambar.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of 7203342005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (577kB)
![[thumbnail of 7203342005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203342005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203342005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203342005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![[thumbnail of 7203342005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_BAB_V.pdf
Download (656kB)
![[thumbnail of 7203342005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (689kB)
![[thumbnail of 7203342005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203342005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur (PAPJDM). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL di SMK Negeri 1 STU Jehe Kab. Pakpak Bharat melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Learning Berbantuan Kartu Soal. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL yang berjumlah 30 orang siswa. Objek Penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Problem Solving Learning Berbantuan Kartu Soal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar siswa dan tes untuk data hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus Idiperoleh bahwa terdapat 6 siswa (20%) dalam kategori sangat aktif dan dan 11 siswa (36,7%) dalam kategori aktif. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 10 siswa (33,3%) dalam kategori sangat aktif dan 17 siswa (56,7%) dalam kategori aktif. Berdasarkan hal tersebut maka aktivitas belajar telah memenuhi kriteria ketuntasan Klasikal yaitu > 75%. Data hasil pre-test siklus I terdapat sebanyak 11 siswa (36,7%) tuntas dengan nilai rata-rata 58,3%. Sementara hasil Post-test Siklus I terdapat 18 siswa (60%) tuntas dengan nilai rata-rata 72. Hasil Post-test Siklus II sebanyak 27 siswa (90%) tuntas dengan nilai rata-rata 90. Hasil Post-test Siklus II memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu > 85%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving Learning Berbantuan Kartu Soal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL di SMK Negeri 1 STU Jehe Kab. Pakpak Bharat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Solving Learning, Kartu Soal, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 05:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63385 |