PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 7 MEDAN

Gaol, Anggita Febri Lumban (2024) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203342016_Cover.pdf] Text
7203342016_Cover.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 7203342016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203342016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342016_Abstrak.pdf] Text
7203342016_Abstrak.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of 7203342016_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203342016_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342016_Daftar_Isi.pdf] Text
7203342016_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342016_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203342016_Daftar_Tabel.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of 7203342016_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203342016_Daftar_Gambar.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of 7203342016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203342016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of 7203342016_BAB_I.pdf] Text
7203342016_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7203342016_BAB_II.pdf] Text
7203342016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7203342016_BAB_III.pdf] Text
7203342016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203342016_BAB_IV.pdf] Text
7203342016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 7203342016_BAB_V.pdf] Text
7203342016_BAB_V.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of 7203342016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203342016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203342016_Lampiran.pdf] Text
7203342016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping . Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahapan peneltian yang harus dilalui, yaitu : (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)pengamatan, (4 refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi Motivasi dan test. Sedangkan teknik analisi data dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif menggunakan Microsoft Excel.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I motivasi belajar siswa yang masuk kedalam kategori termotivasi 61,36 % dan hasil belajar siswa yang memperoleh 80 berjumlah 73,68% sehingga perlu dilanjutkan penerepan siklus II. Pada siklus II Motivasi dan hasil belajar siswa dengan kategori Termotivasi mengalami peningkatan menjadi 83,08 % dan hasil belajar siswa memperoleh nilai 80 meningkat menjadi 100%. Sehingga tidak perlu dilanjut ke siklus selanjutnya.
Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mind Mapping, Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:43
Last Modified: 10 Jul 2025 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63382

Actions (login required)

View Item
View Item