PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK SWASTA HKBP SIDIKALANG

Tobing, Angelica Anastasia Lumban (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK SWASTA HKBP SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142003_Cover.pdf] Text
7203142003_Cover.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 7203142003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142003_Abstrak.pdf] Text
7203142003_Abstrak.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 7203142003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203142003_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142003_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142003_Daftar_Isi.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of 7203142003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142003_Daftar_Tabel.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 7203142003_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142003_Daftar_Gambar.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 7203142003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 7203142003_BAB_I.pdf] Text
7203142003_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203142003_BAB_II.pdf] Text
7203142003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203142003_BAB_III.pdf] Text
7203142003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203142003_BAB_IV.pdf] Text
7203142003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7203142003_BAB_V.pdf] Text
7203142003_BAB_V.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 7203142003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142003_Lampiran.pdf] Text
7203142003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta HKBP Sidikalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share . Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta HKBP Sidikalang.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 dengan subjek siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahapan peneltian yang harus dilalui, yaitu : (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)pengamatan, (4 refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas dan test. Sedangkan teknik analisi data dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif menggunakan Microsoft Excel.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I aktivitas belajar siswa yang masuk kedalam kategori aktif 53,33% dan hasil belajar siswa yang memperoleh 75 berjumlah 50% sehingga perlu dilanjutkan penerepan siklus II. Pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa dengan kategori aktif mengalami peningkatan menjadi 83,33% dan hasil belajar siswa memperoleh nilai 75 meningkat menjadi 80%. Sehingga tidak perlu dilanjut ke siklus selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:17
Last Modified: 10 Jul 2025 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63374

Actions (login required)

View Item
View Item