Evelin, Risa (2024) Pembelajaran piano berbasis Virtual Reality di Lembaga Groove Musik Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
2201142003_Cover.pdf
Download (71kB)
2201142003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (445kB)
2201142003_Abstrak.pdf
Download (59kB)
2201142003_Kata_Pengantar.pdf
Download (170kB)
2201142003_Daftar_Isi.pdf
Download (86kB)
2201142003_Daftar_Gambar.pdf
Download (120kB)
2201142003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
2201142003_BAB_I.pdf
Download (498kB)
2201142003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (596kB)
2201142003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (166kB)
2201142003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2201142003_BAB_V.pdf
Download (112kB)
2201142003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
2201142003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran piano berbasis
Virtual Reality di Lembaga Groove Musik Medan dan kendala pada proses
pembelajaran piano berbasis Virtual Reality di Lembaga Groove Musik Medan.
Penelitian ini berdasarkan teori yang meliputi teori proses pembelajaran dan teori
kendala pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini
membuktikan pada proses pembelajaran piano berbasis Virtual Reality dan kendala
pada pembelajaran piano berbasis Virtual Reality. Proses pembelajaran piano berbasis
Virtual Reality di Lembaga Groove Musik Medan dilakukan dengan mempersiapkan
proses pembelajaran melalui dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan.
Pada tahap persiapan meliputi persiapan dan penyusunan metode, materi pembelajaran
dan bahan ajar piano yang akan dipelajari pada tiap pertemuan. Tahap pelaksanaan
meliputi pelaksanaan materi pembelajaran piano berbasis Virtual Reality yang akan
dilaksanakan oleh tenaga pendidik dan peserta didik dengan melaksanakan proses
pembelajaran paling efektif yang telah dirancang oleh tenaga pendidik kepada peserta
didik seusai pada tahap persiapan yang telah dipersiapkan sebelum proses
pembelajaran berlangsung. Kendala pada pembelajaran piano berbasis Virtual Reality
di Lembaga Groove Musik Medan memiliki tiga faktor yaitu faktor manusiawi, faktor
intitusional dan faktor intruksional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran; piano; Virtual Reality; Groove Musik |
| Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:45 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 02:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63354 |
