Hasanah, Iswatun (2025) Pengembangan E-Modul Komik Digital Interaktif Berbasis Model PQRST pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas V SDS Yayasan Pembangun Didikan Islam Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1212411033_Cover.pdf
Download (268kB)
1212411033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (439kB)
1212411033_Kata_Pengantar.pdf
Download (365kB)
1212411033_Abstrak.pdf
Download (141kB)
1212411033_Daftar_Isi.pdf
Download (335kB)
1212411033_Daftar_Tabel.pdf
Download (226kB)
1212411033_Daftar_Gambar.pdf
Download (215kB)
1212411033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (217kB)
1212411033_BAB_I.pdf
Download (535kB)
1212411033_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (908kB)
1212411033_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (845kB)
1212411033_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1212411033_BAB_V.pdf
Download (276kB)
1212411033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (331kB)
1212411033_Lampiran.pdf
Download (8MB)
Abstract
Keterbatasan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan hasil belajar siswa yang rendah terutama pada aspek membaca di SDS Yayasan Pembangun Didikan Islam Medan menjadi pendorong penelitian ini. Penelitian ini
bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul komik digital interaktif berbasis model PQRST pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V SDS Yayasan Pembangun Didikan Islam Medan yang dikembangkan
sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode R&D dengan model ADDIE, yang mencakup analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini melibatkan 29 siswa, guru Bahasa Inggris dan beberapa validator ahli dalam proses validasi. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memperoleh persentase kelayakan materi 88,3% dengan kategori sangat layak dan kelayakan desain 92% dengan kategori sangat layak. Persentase kepraktisan emodul bagi guru diperoleh 92% dengan kategori sangat praktis dan bagi siswa 88% dengan kategori sangat praktis. Dari segi keefektifan, diperoleh persentase
skor rata-rata N-Gain sebesar 51%, yang menunjukkan kategori efektif. Temuan ini mengindikasikan bahwa e-modul komik digital interaktif berbasis model PQRST dapat menjadi inovasi yang bermanfaat dalam meningkatkan proses
pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih menarik dan efektif bagi siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Komik interaktif; Bahasa inggris; Anak sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:16 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 05:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63309 |
