Metode Pembelajaran Paduan Suara Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) di Panti Asuhan Karya Murni Medan

Pasaribu, Leonard Fernando (2024) Metode Pembelajaran Paduan Suara Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) di Panti Asuhan Karya Murni Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202142001_Cover.pdf] Text
2202142001_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 2202142001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202142001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2202142001_Abstrak.pdf] Text
2202142001_Abstrak.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 2202142001_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202142001_Kata_Pengantar.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 2202142001_Daftar_Isi.pdf] Text
2202142001_Daftar_Isi.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 2202142001_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202142001_Daftar_Tabel.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 2202142001_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202142001_Daftar_Gambar.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2202142001_BAB_I.pdf] Text
2202142001_BAB_I.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 2202142001_BAB_II.pdf] Text
2202142001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[thumbnail of 2202142001_BAB_III.pdf] Text
2202142001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[thumbnail of 2202142001_BAB_IV.pdf] Text
2202142001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202142001_BAB_V.pdf] Text
2202142001_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 2202142001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202142001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 2202142001_Lampiran.pdf] Text
2202142001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Program Studi Pendidikan Musik/S1, Jurusan
Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. 2024.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana metode
pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran paduan suara Anak Tunanetra
di panti asuhan Karya Murni Medan, 2) Untuk mengetahui bagaimana proses
pembelajaran paduan suara pada Anak Tunanetra di panti asuhan Karya Murni
Medan, 3) Untuk mengetahui kendala-kendala pada saat proses pembelajaran
paduan suara Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra di panti asuhan Karya Murni
Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran,
metode pembelajaran, pembelajaran paduan suara, anak berkebutuhan khusus,
teori kendala, dan teori lagu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi belajar, dan situasi anak
berkebutuhan khusus. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada April – Juni 2024.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang yang terdiri dari : guru (pelatih)
Paduan Suara Karya Murni, dan seluruh siswa/I yang mengikuti paduan suara.
Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri
dari: guru (pelatih) paduan suara Karya Murni, 1 orang sopran, 1 orang alto, 1
orang tenor, dan 1 orang bass. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa : 1) Metode
pembelajaran yang digunakan oleh guru (pelatih) paduan suara Karya Murni
menggunakan: metode braille, metode ceramah, metode dikte, metode
demonstrasi.Dulunya sebelum menggunakan metode braille, menggunanakan
metode ceramah, dikte dan demonstrasi, karena melihat dari latar belakang anak
tunanetra yang tidak dapat melihat. Guru memulai pembelajaran dengan
menggunakan metode tersebut, agar para siswa dapat mengikuti pembelajaran
paduan suara. 2) Proses pembelajaran guru memberikan materi pengenalan tangga
nada, teknik pernapasan, teknik vokal dengan cara menggunakan metode yang
dipakai oleh guru. Kemudian demi mempercepat proses pembelajaran pimpinan
panti asuhan menyediakan percetakan braille (huruf timbul) untuk membuat liriklirik
lagu didalam teks lagu dalam lembaran kertas agar anak-anak panti asuhan
tidak kesulitan menghapal lirik-lirik lagu yang akan dipelajari. 3) Guru harus
memulai pembelajaran dengan tidak memarahi siswa ketika siswa melakukan
kesalahan, karena itu bisa mengakibatkan siswa akan malas untuk melanjutkan
pembelajaran, jika hal itu terjadi pembelajaran tidak dapat dilanjutkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pembelajaran; Paduan Suara; Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra); Kendala
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:51
Last Modified: 09 Jul 2025 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63301

Actions (login required)

View Item
View Item