Prasojo, Riki (2025) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Kearifan Lokal Etnik Simalungun Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keterampilan Sosial Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8216171018_Cover.pdf
Download (183kB)
8216171018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (535kB)
8216171018_Abstrak.pdf
Download (65kB)
8216171018_Kata_Pengantar.pdf
Download (256kB)
8216171018_Daftar_Isi.pdf
Download (70kB)
8216171018_Daftar_Tabel.pdf
Download (130kB)
8216171018_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
8216171018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
8216171018_BAB_I.pdf
Download (963kB)
8216171018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216171018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216171018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216171018_BAB_V.pdf
Download (142kB)
8216171018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (427kB)
8216171018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan pendekatan PMR berbasis kearifan lokal etnik Simalungun dan pendekatan konvensional; (2) perbedaan keterampilan sosial peserta didik yang diajar dengan pendekatan PMR berbasis kearifan lokal etnik Simalungun dan pendekatan konvensional; (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik; (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didk SMP Swasta Tunas Harapan Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 200 orang. Teknik sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih kelas VIII-1 dan VIII-2 sebagai sampel untuk diteliti sebanyak 50 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian dan angket. Uji dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas pendekatan PMR berbasis kearifan lokal etnik Simalungun lebih baik dari pada kelas pendekatan konvensional; (2) keterampilan sosial peserta didik pada kelas pendekatan PMR berbasis kearifan lokal etnik Simalungun lebih baik dari pada kelas pendekatan konvensional; (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik; (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap keterampilan sosial peserta didk.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Pra p |
| Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Sosial, Pendekatan PMR, Kearifan Lokal |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:08 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 02:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63250 |
