Ikhsan, Muhibbul (2025) Pengembangan Alat Bantu Belajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Disabilitas Sekolah Luar biasa Bagian A (SLB A) Karya Murni. Masters thesis, UNIMED.
8226172004_Cover.pdf
Download (57kB)
8226172004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (718kB)
8226172004_Abstrak.pdf
Download (63kB)
8226172004_Kata_Pengantar.pdf
Download (487kB)
8226172004_Daftar_Isi.pdf
Download (218kB)
8226172004_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
8226172004_Daftar_Gambar.pdf
Download (162kB)
8226172004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (53kB)
8226172004_BAB_I.pdf
Download (702kB)
8226172004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8226172004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (800kB)
8226172004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226172004_BAB_V.pdf
Download (153kB)
8226172004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (212kB)
8226172004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika melalui media belajar Geoboard untuk siswa penyandang disabilitas netra Yayasan Pendidikan SLB- A Karya Murni. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Pendidikan SLB-A Karya Murni yang merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Disabilitas Netra di Kota Medan Sumatera Utara. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D merujuk pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII Yayasan Pendidikan SLB-A Karya Murni Tahun Pelajaran 2023/2024. Draft produk pada penelitian ini telah didesain kemudian divalidasi oleh 2 ahli yaitu Ahli Materi dan Ahli Media. Hasil uji validitas tahap awal oleh Ahli materi diperoleh rata-rata presentase 46,15% (Kurang Layak), Uji validitas tahap dua oleh Ahli materi diperoleh rata-rata persentase 88,46% (Sangat layak), Uji validitas oleh ahli media tahap satu diperoleh rata-rata persentase 47,5% (Kurang layak), dan Uji validitas tahap dua oleh Ahli madia diperoleh rata-rata persentase 91,25% (Sangat Layak). Pemahaman konsep pada pembelajaran matematika diperoleh dari kegiatan pemebelajran pada materi bangun datar, hasil yang penilaian efektif dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan kategori indeks Gain Ternomalisasi 0,67 < 0,7 tergolong (Sedang).Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media belajar berupa Geoboard. Adapun Geoboard ini layak digunakan dilihat dari presentase yang didapat pada setiap proses pembuatan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Ikh p |
| Keywords: | Pemahaman Konsep, Disabilitas, Matematika, Geoboard |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 09:34 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 09:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63243 |
